Game Edukasi Wordwall sebagai Solusi Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Menyenangkan

Senin, 06 Mei 2024 - 20:46:33


/

Radarjambi.co.id-Evaluasi pembelajaran adalah suatu proses merancang, mendapatkan, dan mempersiapkan informasi yang dibutuhkan dalam membuat alternatif keputusan.

Evaluasi pembelajaran berdasarkan tujuannya meliputi pre test dan post test; evaluasi diagnostik; evaluasi formatif; dan evaluasi sumatif. Evaluasi dapat diartikan sebagai suatu proses dan penilaian sistematik dalam merancang alternatif keputusan.

Alternatif diperlukan untuk mengukur keberhasilan ketercapaian dalam proses pembelajaran.

Dalam pelaksanaan proses pembelajaran Praktik Pengenalan Lapangan (PPL) II di SMA Negeri 8 Yogyakarta, saya selaku calon guru memilih media pembelajaran sebagai bentuk evaluasi pembelajaran asesmen sumatif agar peserta didik tidak merasa jenuh dengan memanfaatkan media digital, salah satunya dengan game edukasi Wordwall.

Game edukasi Wordwall merupakan media digital untuk evaluasi asesmen sumatif yang mudah dioperasikan oleh guru maupun peserta didik. Selain pengoperasian game edukasi Wordwall yang mudah, Wordwall juga dapat menarik minat dan motivasi peserta didik karena tampilannya yang interaktif, sehingga efektif dalam kegiatan pembelajaran.

Game edukasi Wordwall mempunyai beragam templat yang dapat digunakan pengguna secara gratis. Adapun beberapa templat tersebut diantaranya : Match-Up (mencocokkan kata dengan definisinya), True or false (memilih jawaban benar atau salah dengan limit waktu), Wordsearch (mencari kata), Gameshow Quiz (pertanyaan pilihan ganda dengan fitur batas waktu dan bonus), serta masih banyak jenis permainan lainnya.

Wordwall sebagai media belajar dibuat tidak hanya dapat digunakan secara online, tetapi juga dapat diunduh dan dicetak. Hal ini membantu guru untuk melakukan pembelajaran di kelas seperti biasa.

Wordwall dikatakan sebagai media belajar yang interaktif, karena menyuguhkan tampilan yang menarik, sehingga dapat menambah rasa semangat peserta didik dalam belajar.

Selain itu juga memudahkan guru, karena dapat diakses secara gratis dengan penggunaan yang mudah dan fleksibel.

Evaluasi asesmen sumatif pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan game edukasi Wordwall memberikan peningkatan semangat peserta didik dalam mengikuti evaluasi asesmen sumatif terkhusus materi teks puisi dengan pokok bahasan memahami citraan dalam teks puisi yang dibaca.

Evaluasi asesmen sumatif dirancang dengan menyenangkan dan memunculkan daya saing bagi peserta didik ketika mengerjakan soal di dalam game edukasi Wordwall yang dikemas dengan bentuk gamifikasi dengan memunculkan soal pilihan ganda serta uraian singkat.

Pemanfaatan game edukasi Wordwall ini merupakan upaya untuk memberikan rasa nyaman dan senang dalam pelaksanaan evaluasi asesmen sumatif, menjadikan kegiatan evaluasi asesmen sumatif berjalan dengan santai dan tidak tegang. Sehingga hasil dari evaluasi asesmen sumatif kelas X-E2 SMA Negeri 8 Yogyakarta pada materi citraan teks puisi mendapatkan hasil yang memuaskan.

Game edukasi Wordwall dirasa tepat penggunaannya dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dikarenakan terdapat peningkatan dalam pelaksanaan asesmen sumatif yang menggunakan media tersebut.

Sebagai bentuk evaluasi asesmen sumatif game edukasi Wordwall sangat bermanfaat, karena memudahkan guru untuk melihat skor ataupun nilai yang didapat oleh peserta didik.

Guru pun tidak akan kesulitan untuk mengoreksi soal-soal mana saja yang dijawab salah ataupun benar oleh peserta didik, karena pada tampilan hasil akan menunjukkan jumlah banyaknya soal yang dijawab salah ataupun benar oleh peserta didik.

Adapun saran dari penulis yaitu, bagi guru, game edukasi Wordwall diharapkan dapat memfasilitasi dan mengakomodasi pada proses pembelajaran serta membantu pendidik untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga berjalan dengan efektif.

Bagi peserta didik, dengan menggunakan game edukasi Wordwall, peserta didik akan lebih giat lagi untuk mengerjakan soal asesmen sumatif tanpa perlu merasa tegang. Dan alangkah baiknya apabila mengerjakan soal asesmen sumatif harus diteliti terlebih dahulu sebelum melanjutkan mengerjakan soal berikutnya.(*)

 

Penulis : Dian Tyas Utami, S.Pd.

Mahasiswa PPG Prajabatan Bidang Bahasa Indonesia

Universitas Ahmad Dahlan/ Gelombang 1 Tahun 2023