Pj Wali Kota Jambi Membuka Musrembang RPJPD Kota Jambi Tahun 2025- 2045

Selasa, 07 Mei 2024 - 18:40:59


/
RADARJAMBI.CO.ID – Pj Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih menegaskan pentingnya fokus pada visi dan misi dalam perencanaan Kota Jambi untuk 20 tahun kedepan.
 
Hal ini disampaikan saat membuka sekaligus menjadi Narasumber pada acara Musrenbang Rapat Perencanaan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Jambi Tahun 2025-2045, Selasa (7/5).
 
"Mari kita bersungguh-sungguh berfokus untuk mencermati visi dan misi yang harus kita siapkan untuk 20 tahun ke depan. Ini akan menjadi dasar bagi empat masa periode pimpinan di Kota Jambi," ujarnya.
 
Dalam pidatonya, Sri Purwaningsih menekankan bahwa, RPJPD ini merupakan periode perencanaan 20 tahunan untuk empat masa periode pimpinan di Kota Jambi.
 
Hal ini membutuhkan arahan yang terarah, dan dipatuhi oleh para kepala daerah yang akan memimpin Kota Jambi nantinya.
 
"Saya menegaskan pentingnya agar RPJPD ini benar-benar terarah dan dapat dijadikan pedoman oleh para kepala daerah yang akan memimpin Kota Jambi,” jelasnya.
 
“Kita harus cerdas dan menyelaraskan mimpi kita untuk masa depan Kota Jambi," timpal.
 
Sri Purwaningsih juga menekankan pentingnya sinergi antara tingkat lokal, provinsi, dan nasional dalam menyusun RPJPD, dengan merujuk pada RPJBN dan RPJPD provinsi. Ini menunjukkan kolaborasi berbagai tingkatan pemerintahan dalam proses perencanaan.
 
"Dalam forum ini, saya mengajak semua pihak, termasuk kepala UPD, lembaga masyarakat, dan akademisi, untuk aktif mencermati visi, misi, serta target sasaran yang akan dibangun dalam dokumen RPJBD Kota Jambi,” bebernya.
 
“Ini penting agar rencana pembangunan Kota Jambi selaras dengan arahan pemerintah baik pusat maupun provinsi," tambah Sri Purwaningsih.
 
Musrenbang ini juga kata Sri, menjadi momentum penting untuk menyatukan berbagai pola pikir dan aspirasi dari pelaku pembangunan, baik dari pemerintah daerah, masyarakat, akademisi maupun dunia usaha.
 
“Melalui pelibatan semua pihak untuk berkontribusi sesuai kapasitas masing-masing, diharapkan tercipta kepedulian dan rasa memiliki terhadap hasil-hasil pembangunan yang dicapai,” jelasnya.
 
Penyusunan dokumen RPJPD 2025-2045 sebagai titik awal dalam mewujudkan Visi Kota Jambi 2045 yaitu Kota Jambi Maju, Sejahtera, Adil dan Berkelanjutan dalam mendukung Visi Nasional yaitu Negara Nusantara Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan.
 
“Perlu saya sampaikan, saat ini dalam penyusunan dokumen perencanaan aspek penyelarasan menjadi kata kunci,” pungkasnya.
 
Selain itu, Wakil Ketua DPRD Kota Jambi, MA Fauzi juga menegaskan bahwa, RPJPD ini nantinya diharapkan dapat mengatasi permasalahan banjir yang ada di Kota Jambi.
 
“Masukan dari kami supaya  nanti kedepannya  dapat mengatasi banjir di kota jambi, ini  yang sangat penting” ungkapnya.(ria/akd)