Teaching at the Right Level (TaRL) : Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

Selasa, 21 Mei 2024 - 21:32:09


/

Radarjambi.co.id-Motivasi belajar memiliki peran penting dalam kegiatan pembelajaran. Bagi guru, mengetahui motivasi belajar dari peserta didik sangat diperlukan guna memelihara dan meningkatkan semangat belajarnya.

Bagi peserta didik, motivasi belajar dapat menumbuhkan semangat dan keinginan untuk belajar. Peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi akan selalu berusaha untuk lebih baik dan ingin selalu dipandang sebagai siswa yang berhasil di lingkungannya.

Sedangkan peserta didik yang tidak mempunyai motivasi belajar cenderung tidak menunjukkan kesungguhan dalam belajar, sehingga hasil belajar yang diperoleh tidak memuaskan.

Semakin tinggi motivasi belajar peserta didik, maka akan semakin tinggi pula hasil belajar yang diperolehnya, dan begitu pula sebaliknya. Hal inilah yang seringkali menjadi kendala dalam mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Berdasarkan fenomena tersebut, diperlukan pendekatan pembelajaran yang tepat agar dapat meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik.

TaRL dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini dikarenakan pendekatan TaRL mengorientasikan peserta didik melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tingkatan kemampuan peserta didik yang terdiri dari tingkatan kemampuan rendah, sedang, dan tinggi bukan berdasarkan tingkatan kelas maupun usia.

TaRL merupakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada kesiapan belajar dan pemahaman peserta didik, bukan hanya pada tingkatan kelas.

Pendekatan TaRL merupakan salah satu pendekatan yang efektif dalam pembelajaran. Kelebihan dari pendekatan TaRL menjadikan peserta didik mengikuti proses pembelajaran secara aktif dan pembelajaran akan secara otomatis berpusat pada peserta didik.

Sehingga, dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan motivasi belajar pada setiap peserta didik. Peserta didik memiliki kesempatan yang sama untuk belajar tanpa merasa terpinggirkan karena kesulitan atau terlalu mudah dalam belajar.

Sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan suasana yang aman, nyaman, dan berpihak pada peserta didik.

TaRL yang diimplementasikan dalam pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan motivasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran dilaksanakan dengan menyesuaikan konten pembelajaran, metode pengajaran, dan tingkat kesulitan peserta didik berdasarkan kemampuan mereka.

Sehingga mereka akan lebih percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya. Selain itu, peserta didik akan lebih berpartisipasi secara aktif selama proses pembelajaran.(*)

 

Penulis : Dyah Pramesti, S.Pd.
Mahasiswa PPG Prajabatan Bidang Bahasa Indonesia Universitas Ahmad Dahlan/ Gelombang 1 Tahun 2023