Pelatihan Pengelolaan Emosi di Ngeblak Wijirejo oleh Tim KKN UAD

Jumat, 09 Agustus 2024 - 22:55:04


/

Radarjambi.co.id-Rabu, 7 Agustus 2024, Tim KKN UAD Periode 127 Unit C. 1 bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Yosi Wulandari, M.Pd. di Pedukuhan Ngeblak Wijirejo melaksanakan Edukasi dan Pelatihan Pengelolaan Emosi.

Rilis yang diterima radarjambi.co.id menyebutkan kegiatan ini dilaksanakan di pendopo posko KKN bersama anak-anak di pedukuhan Ngeblak. Pada kegiatan ini DPL bersama tim KKN yang diwakili oleh Sonya Rahmawati Bangsu dari Prodi Psikologi UAD dan Lia Amalia dari Prodi Ilmu Hukum, serta rekan-rekan lainnya yang membantu kegiatan di lokasi tersebut melaksanakan kepada anak-anak sejak dini mengenal emosi dan mengetahui cara mengelola emosi.

Kegiatan ini memiliki konsep pelatihan yang memanfaatkan game bola-bola emosi yang membantu anak-anak peserta pelatihan mengenal emosi.

Setelah mereka mengenal emosi dan pentingnya menyadari emosi memiliki dampak terhadap lingkungan di sekitar.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh kurang lebih 30 orang anak-anak sekolah dasar di pedukuhan Ngeblak.

Setelah kegiatan mengenal emosi dengan permainan bola-bola emosi, dilanjutkan praktik lima tahapan pengelolaan emosi menurut CASEL yang memanfaatkan sarana sastra dan memanfaatkan kertas origami yang memudahkan siswa menerapkan arahan pelatihan yang disiapkan.

Para peserta mengikuti kegiatan dengan semangat dan mendapatkan pengalaman untuk mengenali emosi dan belajar mengelola emosi dan membuat keputusan yang bijak tentang emosi mereka.

Diakhir kegiatan, anak-anak peserta pelatihan diajak untuk mendemonstrasikan emosi yang mereka rasakan, memanajemen emosinya, kemudian menunjukkan empati mereka terhadap emosi yang dirasakan oleh teman atau orang lain, serta kemantapan menyadari pentingnya mengelola emosi.(*)