KKN UAD Pengembangan Lingkungan dan Pelestarian Budaya di Pedak Wijirejo

Selasa, 03 September 2024 - 12:43:01


/

Radarjambi.co.id-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Periode 127 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Unit VI.C.2 yang berjumlah sembilan orang, melakukan pengabdian masyarakat di dusun pedak, wijirejo, pandak, Bantul.

Rilis yang diterima radarjambi.co.id berbagai kegiatan dari pengembangan lingkungan yaitu pengelolaan pemilah sampah dan pelestarian budaya khususnya adat Jawa menjadi bagian dari program kerja kelompok yang telah di rancang. Kegiatan ini dilaksakanakan pada tanggal 5, 8, dan 25 Agustus 2024 di Pedak Wijirejo.

Tujuan diadakannya kegiatan tersebut yaitu untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengembangan lingkungan dalam pengelolaan sampah dan pelestarian budaya adat jawa yang ada pada masyarakat setempat.

Pengembangan lingkungan merupakan bentuk kepedulian mahasiswa KKN UAD terhadap lingkungan masyarakat. Edukasi serta pelatihan pengelolaan sampah organik dan anorganik yang diberikan kepada warga dusun Pedak, diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan sampah dan mampu menjadi kebiasaan baru dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, kegiatan sosialisasi pelestarian budaya adat Jawa juga bertujuan untuk melestarikan dan meneruskan tradisi lokal yang mengandung nilai-nilai luhur.

Acara ini dihadiri oleh karang taruna RT setempat dan beberapa tokoh masyarakat, termasuk Mbah Kaum Sariyanto selaku narasumber acara sosialisasi pelestarian budaya adat Jawa dan Bapak Tumijo A.Md., selaku Dukuh di Dusun Pedak Wijirejo,

Program tersebut disambut antusias oleh masyarakat Pedak. Salah seorang warga mengatakan, “Saya sangat senang dengan adanya program kerja KKN UAD sekarang yang mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dan dapat melestarikan budaya lokal adat Jawa kembali”.

Dengan cara ini, kami berharap dapat memajukan kesejahteraan warga Dusun Pedak .(*)