Manfaatkan Media Online Untuk Penjaringan Minat dan Bakat

Senin, 10 Desember 2018 - 21:50:25


SMK Negeri 4 Kota Jambi
SMK Negeri 4 Kota Jambi /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Bakat siswa dalam melakukan penjaringan oleh SMK Negeri 4 Kota Jambi dilakukan secara online.

Nantinya, siswa tidak lagi ikut penjaringan secara manual atau ditulis menggunakan kertas. Tujuan penjaringan secara online ini agar hasilnya maksimal dan tidak memerlukan waktu panjang.

Kepala SMK Negeri 4, Sujono menerangkan, penjaringan minat dan bakat secara online baru pertamakali diterapkan. Penjaringan minat dan bakat ini hanya dilakukan bagi siswa Kelas X.

“Siswa mendaftar dan mengisi formulir pendaftaran minat bakat melalui online. Karena sekolah kita salah satu sekolah di Jambi sebagai pilot projec atau proyek percontohan," jelasnya.

Menurutnya, siswa diberikan waktu selama 1,5 hingga 2 jam untuk mengisi pendaftaran secara online, baik dari minat bakat, hobi, peringkat kemampuan, dan bakat alternatif yang dimiliki dalam diri.

"Nanti sekolah dapat mengarahkan dan membimbing minat dan bakat anak," imbuhnya.

Selama pengisian, siswa dibantu guru konseling atau BK, sehingga tidak salah atau keliru dalam memilih kemampuannya. Selain itu sekolah juga perlu mengetahui batas kemampuan peserta didik dalam belajar, maupun gaya dan pergaulan.

"Terkadang satu anak ada bakat yang lebih dari 1 atau 2 yang akan diikuti," paparnya.

Ia berharap dengan penerapan aplikasi tersebut, hasil penjaringan minat dan bakat siswa bisa sesuai harapan, dan menghasilkan bakat yang memberikan prestasi membanggakan.

"Bakat anak ini, diharapkan dapat dikembangkan dengan baik dan berhasil saat mengikuti ajang atau lomba," pungkasnya.

 

 

Reporter : Hilman

Editor     : Ansori