Fachrori Ajak ASN Menjadi Perajut Tenun Kebangsaan

Kamis, 10 Januari 2019 - 14:27:31 | dibaca: 137 kali


Hari Amal Bakti ke-73 Kementerian Agama Tahun 2019, bertempat di lapangan depan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil) Provinsi Jambi,
Hari Amal Bakti ke-73 Kementerian Agama Tahun 2019, bertempat di lapangan depan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil) Provinsi Jambi, /

RADARJAMBI,JS-Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar, mengajak  segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa menjadi perangkai, penjalin, dan perajut tenun kebangsaan dalam kebhinnekaan, dengan menjadi teladan kejujuran dalam memberikan amal bakti kepada masyarakat yang membutuhkan. Ajakan tersebut disampaikannya saat menjadi inspektur upacara Hari Amal Bakti ke-73 Kementerian Agama Tahun 2019, bertempat di lapangan depan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil) Provinsi Jambi, Kamis (03/01/2019) pagi.

Pada kesempatan ini, Fachrori membacakan sambutan tertulis Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin yang menyampaikan, berdirinya Kementerian Agama guna menjaga dan memelihara sekaligus mengembangkan kualitas pendidikan keagamaan masyarakat untuk terus menjaga kerukunan hidup antar umat beragama yang kian rekat, dan pada akhirnya agar kualitas keagamaan segenap bangsa semakin meningkat.

"Dalam negara kita yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 pada pasal 29, bukan hanya jaminan untuk mengamalkan ajaran agama dilindungi negara bahkan kebijakan pemerintah tidak boleh bertentangan dengan ajaran dan kaidah agama," ungkap Fachrori.

"Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun 2019 yaitu Jaga Kebersamaan Umat, saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama, apalagi di tahun politik sekarang ini, mari kita senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri sebagai pemersatu bangsa. Mari jaga kebersamaan, keutuhan sesama anak bangsa. Segala ujaran perilaku dan sikap yang bisa menimbulkan luka bagi sesama, hindari kebencian dan saling melempar fitnah sesama anak bangsa," tegasnya.

Lebih lanjut, Fachrori mengajak seluruh ASN dan jajaran Kementerian Agama haruslah menjadi perangkai, penjalin, dan perajut tenun kebangsaan yang bhinneka.

"Setiap kita haruslah menjadi teladan dalam kesederhanaan, kejujuran, dan keikhlasan dalam memberikan amal bakti kinerja yang baik dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat luas," Lanjut Fachrori.

Fachrori mengatakan, melalui peran dan fungsi Kementerian Agama, pemerintah hadir memberikan pelayanan keagamaan bagi setiap umat beragama dengan berbagai fasilitasi sebagai penyelenggara, pelayan publik di bidang keagamaan dengan tiada henti melakukan inovasi.

"Memasuki tahun 2019, enam sasaran strategis program Kementerian Agama telah digariskan yaitu, meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama, meningkatkan harmoni sosial dan kerukunan umat beragama, meningkatkan kualitas pelayanan keagamaan, meningkatkan akses pelayanan pendidikan dan meningkatkan mutu pendidikan agama, serta meningkatkan kualitas tatakelola pembangunan bidang agama," katanya.

Fachrori juga mengajak seluruh ASN untuk senantiasa menegakkan lima budaya kerja yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan. "Setiap pejabat dan birokrat Kementerian Agama harus memerankan diri sebagai pelayan masyarakat dan tempat berlabuhnya kepercayaan umat," ujarnya.

Fachrori memberikan penghargaan Tanda Satya Lencana Karya kepada 20 orang ASN di lingkup Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi.

"Kita ucapkan terima kasih dan selamat kepada ASN yang telah mendapatkan tanda kehormatan pada hari ini, semoga kerja kita kedepan semakin kompak dan solid dalam bersama-sama membangun Provinsi Jambi tercinta," tutup Fachrori.

Sumber : Humas Pemprov

Editor : Endang