Dukungan PKB Berat ke HBA

Selasa, 21 April 2015 - 21:59:02


Kebersamaan Gubernur HBA dengan orang nomor satu di PKB, Muhaimin Iskandar saat berlangsungnya Harlah PMII ke 55, di Surabaya beberapa waktu lalu.
Kebersamaan Gubernur HBA dengan orang nomor satu di PKB, Muhaimin Iskandar saat berlangsungnya Harlah PMII ke 55, di Surabaya beberapa waktu lalu. /

Pekan Depan Tentukan Dukungan Resmi

RADARJAMBI.CO.ID, KOTA JAMBI -Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB segera putuskan sikap politik dukungan kepada salah satu kandidat calon gubernur (Cagub) Jambi, apakah mendukung petahana Hasan Basri Agus (HBA) atau Zumi Zola Zulkifli (ZZZ) yang akan diusung sebagai kandidat calon Gubernur Jambi dari partai besutan Muhaimin Iskandar ini.

Ketua Desk Pilkada DPP PKB, Fathan mengatakan untuk pemilihan Gubernur Jambi DPP saat ini masih mencermati dan memantau semua nama-nama yang muncul khususnya Cagub Jambi, sesuai dengan rekam jejak popularitas dan elektabilitas.

"Insya Allah untuk Pilgub Jambi bisa diputuskan pekan depan," ujarnya saat dihubungi kemarin.

Dikatakan Fathan, tentunya PKB akan tetap mencari tokoh dan figur yang bisa membawa Jambi untuk perubahan kedepan dan insya Allah tidak lama lagi Desk Pilkada DPP PKB akan menentukan nama yang akan diusung sebagai kandidat calon Gubernur Jambi.

"Artinya dukungan politik ini bersifat fleksibel tidak menunggu semua provinsi dan kabupaten/kota se Indonesia. Jadi jika diperlukan pekan depan kita sudah bisa ambil keputusan untuk Pilgub Jambi," sebutnya.

Apakah ada kriteria khusus bagi Cagub? Fathan menegaskan tentunya harus sesuai ideologi dan visi misi partai membawa islam Rahmatan Lilalamin.

Apakah dari visi misi yang sudah disampaiakan kandidat Cagub sudah ada yang penuhi kriteria? Menurutnya saat ini PKB masih mencermati itu dan juga meminta dari masukan dari para pengurus, para kyai dan simpatisan PKB yang ada di daerah.

Jika ditelisik dari kriteria yang dibutuhkan PKB, sosok HBA lebih tepat dan memenuhi kriteria itu. Pasalnya, calon petahana ini, merupakan orang yang dibesarkan dengan basis Nahdliyin.

Ia merupakan anak pesantren dan karir organisasi kampus dibesarkan oleh Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) yang merupakan perwujudan Nahdliyin di dalam tatanan kampus.  

Selain itu, nama HBA di kalangan para ulama sudah tidak asing lagi. Sosok berdarah Sarolangun ini sangat intens dengan berbagai program pesantren dan keagamaan lainnya, termasuk program berantas buta aksara alquran. Belum lagi program-program lainnya yang sesuai dengan visi dan misi PKB untuk membawa Islam Rahmatan Lilalamin, khususnya Jambi.

Sementara itu, Ketua DPW PKB Provinsi Jambi Sofyan Ali, dihubungi mengatakan, pihaknya belum dapat menentukan kemana arah partainya di Pilgub mendatang, karena masih menunggu keputusan DPP PKB.

Begitu pula mengenai kapan waktunya PKB mengeluarkan surat dukungan, baik terhadap HBA maupun Zola.

“Mengenai siapa yang kita dukung belum bisa dipastikan, karena kita serahkan sepenuhnya kepada DPP PKB. Begitu pula dengan kapan waktunya DPP PKB mengeluarkan surat keputusan,” ujarnya, Selasa (21/4).

Diakui Sofyan, antara HBA dan Zola memang melakukan pendekatan yang intens, baik terhadap dirinya sebagai Ketua DPW maupun terhadap Ketua DPP Muhaimin Iskandar. Namun, karena berdasarkan peraturan undang-undang yang mengatakan setiap calon harus mengantongi rekomendasi kepengurusan di pusat, maka ia  kembalikan kepada pengurus DPP PKB.

“Iya, memang kedua calon ini sangat menginginkan dukungan PKB, tapi kepada siapa kita melabuhkan dukungan, lagi-lagi kita serahkan kepada DPP. Karena tidak mungkin seorang calon bisa menggunakan jasa partai, tanpa ada rekomendasi dari pusat,” jelasnya.

Dikatakan Sofyan, meski HBA dan Zola telah beberapa kali bertemu dengan Muhaimin Iskandar di Jakarta, DPP PKB dalam menentukan kepastian arah dukungan tetap melaksanakan mekanisme partai.

Mekanisme yang dimaksud kata dia, selain mengacu kepada hasil survei juga berdasarkan visi misi kedua Bacagub itu ketika bertemu Muhaimin Iskandar.

“Beberapa kali bertemu dengan Cak Imin di Jakarta, bukan berarti menjadi ukuran PKB dalam menentukan arah dukungan. Kita tetap mengacu kepada hasil suvei yang dilaksanakan lansung oleh tim deks Pilkada DPP PKB. Pertimbangan yang lain lagi jelas ada, apalagi HBA dan Zola juga telah dimintai penjelasan visi misi mereka membangun Jambi, tentu DPP sudah menilai,” tukasnya. (zou)