Intensitas Hujan Tinggi, Debit Sungai Batanghari Naik

Senin, 14 Desember 2015 - 23:18:44


Pemkot Jambi menetapkan kantor BPBD dan Damkar menjadi posko induk penanganan bencana.
Pemkot Jambi menetapkan kantor BPBD dan Damkar menjadi posko induk penanganan bencana. /

RADARJAMBI.CO.ID, KOTA JAMBI- Sejumlah wilayah yang ada di Kota Jambi berpotensi banjir. Hal ini, dikarenakan curah hujan dengan intensitas tinggi saat ini terus terjadi. Selain banjir dadakan, meluapnya sungai Batanghari juga menjadi ancaman bagi Kota Jambi. Terlebih kondisi saat ini, debit sungai Batanghari merangakak naik.

Walikota Jambi, H Syarif Fasha, mengatakan ada dua hal yang menyebabkan terjadinya banjir dikota Jambi, yaitu meluapnya sungai Batanghari dan curah hujan yang cukup tinggi sehingga menyebabkan drainase yang ada tidak mampu menampung debit air yang melimpah.

“Saya harap para personil cepat tanggap, tangkas, tangguh, dan efisien,” jelasnya.

Fasha mengatakan, banyak drainase dan anak sungai di Kota Jambi yang mengalami sedimentasi. Untuk itu, pihaknya telah menganggarkan dana untuk pembangunan drainase di Kota Jambi dan normalisasi sungai pada tahun 2016 mendatang.

Dia menambahkan, kondisi drainase di Kota Jambi 70 persen dalam kondisi baik. Dan sisasnya 30 persen dalam kondisi kurang baik dan akan terus dibenahi. Menurutnya, drainase di Kota Jambi ada tiga pemiliknya, yakni milik pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah Kota Jambi.

“Makanya ini juga perlu diperhatikan. Dan kami minta bantuan pemerintah provinsi untuk mengatasi ini. Karena jumlah penduduk di kota cukup besar, dan harusnya menjadi prioritas,” katanya.

Dalam siaga banjir ini, pemerintah menetapkan kantor BPBD dan Damkar menjadi posko induk penanganan bencana. Fasha mengatakan bahwa daerah yang rawan banjir diantaranya adalah Danau Teluk, Pelayangan, Telanaipura, Jelutung, dan Jambi Timur, dan Jambi Selatan.

“Makanya Camat dan Lurah harus sigap,” ungkapnya. Tempat resapan air yang ada saat ini, merupakan tanah warga. "Jika mereka mau membangun, tidak bisa kita cegah,”imbuhnya.

Fasha berpesan, kepada masyarakat Kota Jambi, agar selalu waspada dengan cuaca saat ini, selain banjir, angin puting beliung juga harus diwaspadai.

"Kita semua harus waspada, saling meningatkan,”imbuhnya.

Reporter: Chandra
Editor: Gustav