Pemkot Jambi Akan Bina Eks Anggota Gafatar

Rabu, 27 Januari 2016 - 15:53:40


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi akan melakukan pembinaan terhadap eks anggota ormas Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang dikabarkan ada 29 jiwa atau tujuh kepala keluarga.

Walikota Jambi, H Syarif Fasha di Jambi, mengatakan, pihaknya sudah mendapat laporan soal adanya warga Kota Jambi yang bergabung  dengan ormas Gafatar di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

"Saya sudah dapat laporan ada 29 jiwa (7 KK) warga Kota Jambi yang gabung ormas Gafatar dan pindah ke Kalimantan, dan yang jelas karena ini warga Kota Jambi kita akan berikan pembinaan dan pemahaman," katanya.

Dia mengatakan, eks anggota Gafatar yang merupakan warga Kota Jambi itu setelah didata akan dipulangkan ke Jambi. Namun untuk pemulangan tersebut, pihaknya belum mengetahui teknisnya seperti apa.

"Kami akan berkoordinasi dengan Polresta, Kodim dan Pemprov Jambi untuk menangani permasalahan, dan seperti apa nanti teknisnya kita koordinasikan terus," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Jambi, Kaspul, mengatakan, sejauh ini pihaknya belum mengetahui nama-nama warga Kota Jambi yang hijrah ke Kalimantan bergabung dengan ormas Gafatar.

Akan tetapi, kata Kaspul, pihaknya, akan berkoordinasi dengan Pemprov Jambi untuk tekhnis pemulangan dan penanganan setelah mereka sampai di Kota Jambi.

"Yang jelas kalau sudah pulang ke Jambi akan kita berikan pembinaan, seperti pemahaman tentang kebangsaan, nasionalisme, Pancasila dan Keagamaan, biar bagaimanapun kita terima karena mereka juga masyarakat Indonesia, masyarakat Jambi, saudara kita juga," tutup Kaspul.

Reporter: Chandra
Editor: Gustav