Walikota Jambi Minta Pembudidaya Ikan Dapat Kembangkan Benih

Kamis, 28 Januari 2016 - 23:58:08


Walikota saat panen ikan lele
Walikota saat panen ikan lele /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Walikota Jambi meminta pembudidaya ikan supaya berinovasi untuk mengembangkan benih ikan sendiri sehingga dapat menambah nilai ekonomis bagi pembudidaya ikan.

Hal ini dikatakan Walikota Jambi, H Syarif Fasha, usai panen ikan lele di Kelurahan Penyengat Rendah, Telanaipura, Kota Jambi pada Kamis (28/1).

"Dari hasil panen ikan itu saya berpesan supaya pembudidaya ikan dapat membuat benih sendiri, misalnya hasilnya 70 persen di jual, terus yang 30 persen dijadikan induk untuk dikembangkan benih," katanya.

Di Kelurahan Penyengat Rendah, menurutnya, selama ini kurang mendapat perhatian dan pihaknya telah berupaya memberikan perhatian dengan mendorong warga di kelurahan tersebut untuk memanfaatkan lahan disekitar pekarangan rumah dengan membudidayakan ikan lele.

"Kami inginkan warga ini memanfaatkan lahan pekaranganya masing-masing dengan beternak ikan lele ataupun tanaman hidroponik dan juga kami telah memberikan bantuan CSR dari pihak Bank Indonesia perwakilan Jambi," katanya.

Selain itu, pihaknya juga menginginkan kelurahan tersebut menjadi percontohan sehingga dapat memacu kelurahan lainnya untuk mengembangkan inovasi dengan memanfaatkan pekarangan rumah sehingga dapat menjaga ketahanan pangan bagi keluarga.

"Kelurahan ini akan menjadi percontohan kelurahan lainnya, karena suatu inovasi itu mempunyai nilai manfaat ekonomi," katanya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, soal pasar hasil produksi pembudidaya ikan terebut tidak dikhawatirkan lagi, karena sudah mempunyai pangsa pasar tersendiri diantaranya dipasok kesejumlah pasar tradisional dan pedagang kuliner pecel lele di Kota Jambi.

"Kami berharap antusias masyarakat membudidayakan ikan  ini dapat memberi contoh masyarakat lainnya untuk dapat mengembangkan juga," harap Walikota. (Advertorial)