Ini Pesan Walikota Saat GMT Melintasi Kota Jambi

Senin, 07 Maret 2016 - 22:33:32


Kabag Humas Abu Bakar
Kabag Humas Abu Bakar /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Saat Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan berlangsung pada Rabu 9 Maret 2016, Walikota Jambi Syarif Fasha berada di Kota Jambi. Ia juga akan menyaksikan fenomena langka yang terjadi 33 tahun sekali tersebut, demikian disampaikan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Jambi Abu Bakar, Senin (7/3).

Walikota Jambi Syarif Fasha mengajak masyarakat Kota Jambi untuk mensyukuri atas fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan melintasi Kota Jambi tersebut. Karena selain juga bernilai ilmu pengetahuan, fenomena langka tersebut juga menjadi petunjuk bagi manusia akan tanda-tanda kebesaran Tuhan pencipta alam semesta.

Abu Bakar mengatakan, Walikota juga mengingatkan agar masyarakat berhati- hati dalam melihat secara langsung dengan mata telanjang, meskipun tidak apa-apa, namun menjadi berbahaya bila melihat langsung pada saat terjadi gerhana mata hari sebagian dengan durasi yang lama. "Maka hindari melihat fase gerhana matahari sebagian," tambahnya.

Menyikapi adanya sebagian masyarakat yang akan menyambut kehadiran GMT dengan menggelar berbagai acara, sebut Abu, Walikota Fasha mengatakan, tidak melarang, namun sebaiknya tidak lah berlebih-lebihan, karena sebaiknya yang dilakukan adalah dengan bertasbih kepada Tuhan, karena sesungguhnya fenomena alam tersebut adalah bagian dari tanda-tanda kebesaran Allah.

Ia juga menyampaikan pesan Walikota agar masyarakat muslim dapat melaksanakan sholat sunnah gerhana. "Beliau menghimbau agar umat Islam melaksanakan Sholat Sunnah Gerhana, karena itu lebih baik," terang Abu Bakar.

Reporter: Khotib Syarbini
Editor: Gustav