Pemkot Jambi Bangun Irigasi Senilai Rp 29 Miliar

Minggu, 15 Mei 2016 - 22:36:53


/
RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi melalui Dinas Pekerjaan Umum akan membangun saluran irigasi senilai Rp 29 miliar di Kecamatan Pelayangan dan Danau Teluk untuk mendukung upaya mewujudkan ketahanan pangan di daerah itu.
 
“Irigasi ini dibangun dengan Dana Alokasi Khusus (DAK),” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Jambi, Khairuddin Fikri.
 
Pembangunan irigasi itu agar sawah yang berada di dua kecamatan tersebut dapat teraliri air dengan baik. Sehingga hasil panen padi di daerah itu dapat meningkat.
 
“Akan kami bangun dengan panjang sekitar 5 kilometer dengan luas 300 hektare. Peruntukannya untuk persawahan,” katanya. Secara geografis sangat cocok menjadi tempat pengembangan padi sawah karena tanahnya yang subur dan areal yang masih luas.
 
"Ini salah satu upaya untuk mendorong mengembangkan tanaman padi sawah," ujarnya.
 
Sementara itu Walikota Jambi Syarif Fasha mengatakan bahwa pemerintah Kota Jambi jika sesuai rencana akan membangun dua saluran irigasi melalui dana DAK. Dari kedua saluran irigasi itu, satu saluran irigasi sudah dilaksanakan, sementara yang satu lagi terpaksa dibatalkan dengan alasan DAK ditarik kembali ke pusat.
 
“Karena instruksi dari pusat dana DAK dipotong 10 persen maka pekerjaan yang satu lagi itu tidak jadi dilaksanakan, dananya ditarik ke pusat,” katanya.

Reporter: Chandra
Editor: Gustav
 
 
Â