Masalah Dukungan Pilkada, Gerindra Tunggu Hasil Dua Lembaga Survei

Selasa, 19 Juli 2016 - 23:31:03


Sutan Adil Hendra
Sutan Adil Hendra /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Dinamika dukungan partai politik provinsi Jambi jelang pemilihan kepala daerah jilid dua di kabupaten Muarojambi, Sarolangun dan Tebo makin menghangat.

Konstelasi politik ini dapat dilihat dari makin mengerucutnya dan jelasnya dukungan partai politik ke beberapa bakal calon kepala daerah.

Situasi ini di tanggapi Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Jambi Sutan Adil Hendra (SAH) merupakan dinamika biasa dalam proses demokrasi di Jambi.

"Tahapan pendaftaran di KPU hampir tiba, sehingga memang waktunya Partai Politik mengeluarkan rekomendasi dukungan kepada calon yang akan di usung," tuturnya.

Terkait dengan langkah politik yang akan di ambil Gerindra Jambi dalam pilkada kali ini, SAH mengatakan bahwa partai besutan H. Prabowo Subianto itu tetap mengacu pada mekanisme yang di gariskan, yakni Survei.

"Kita masih menunggu laporan dari dua lembaga survei yang kita pakai, karena sekarang baik LSI maupun LKPR lagi turun di tiga kabupaten baik Muarojambi, Sarolangun dan Tebo," jelasnya.

Karena menurutnya meskipun Partai Gerindra menjadikan survei sebagai indikator utama dalam memberi rekomendasi, tapi tetap skeptis dan kritis terhadap data survei.

"Agar jangan kita salah dalam membaca trend kekuatan bakal calon yang di usung,"ungkapnya.

"Untuk validasi dan akurasi survei kita menggunakan LKPR sebagai survei pembanding, maksudnya agar Gerindra tidak gegabah dalam mengambil keputusan," sambungnya.

Sehingga dengan adanya data dari dua lembaga survei, Gerindra tahu trend dan kedalaman data dari tiap daerah.

"Kita kan tahu politik itu dinamis calon yang kuat hari ini belum tentu bisa mempertahankan elektabilitasnya dalam beberapa bulan ke depan, jadi Gerindra ingin memproyeksi trend perubahan ini, siapa calon yang punya trend menang, itu yang kita usung," pungkasnya.

Reporter: Gustav
Editor: Khotib