Komisi IV Pertanyakan Realisasi Pengadaan Peralatan Sekolah

Rabu, 28 September 2016 - 22:00:11


Abdus Somad, anggota Komisi IV DPRD Kota Jambi.
Abdus Somad, anggota Komisi IV DPRD Kota Jambi. /

RADARJAMBI.CO.ID, KOTA JAMBI- Komisi IV DPRD Kota Jambi, akan mempertanyakan realisasi pengadaan meja dan kursi untuk SD dan SMP di Kota Jambi.

Abdus Somad, anggota Komisi IV DPRD Kota Jambi mengatakan, pihaknya akan mempertanyakan sejauh mana realisasinya, karena anggaran untuk pengadaan meja dan kursi untuk SD dan SMP di Kota Jambi sangat besar. Dia menyebutkan untuk di tahun anggaran 2016 untuk meja dan kursi SD dianggarkan Rp 9 miliar lebih, sedangkan untuk SMP sekitar Rp 5 miliar.

"Itukan besar anggarannya, jadi kita akan mempertanyakan realisasi kegiatan
itu, apakah sudah diserahkan dan dibagi-bagi ke sekolah atau belum," sebutnya.

Selain itu, Abdus Somad mengaku, pihaknya juga akan melihat secara langsung kualitas bangku sekolah tersebut. "Jangan sampai anggarannya besar tapi kualitas rendah," tegasnya.

Menurutnya pengadaan bangku sekolah sudah dipertanyakan Komisi IV
beberapa waktu lalu, namun karena padatnya agenda dewan seperti adanya hiruk pikuk soal PPDB sehingga belum sempat mempertanyakan soal anggaran tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi, Saiful Huda, ketika
dikonfirmasi banyak tidak tahu dengan persoalan bangku sekolah. Dia hanya menyebutkan untuk bangku sekolah SD dan SMP sudah selesai dan sudah diserahkan ke masing-masing sekolah. Namun Saiful mengaku tidak tahu jumlah meja dan kursi serta jumlah sekolah penerimanya.

"Kalau jumlah sekolah penerima dan banyaknya saya tidak tahu," sebut Saiful.

Yang jelas, kata dia, sekolah penerima hanya sekolah negeri, untuk SD negeri
berjumlah 180 sedangkan SMP negeri sebanyak 25. Menurutnya tidak semua sekolah negeri menerima bangku sekolah dengan anggaran yang ada.

"Kita hanya ganti bangku yang sudah rusak saja," sebutnya.

Reporter: Endang Haryanto
Editor: Gustav