Pendaftaran Cakades Rawan Anarkis

Senin, 04 September 2017 - 20:22:00


Ilustrasi Pilkades
Ilustrasi Pilkades /

RADARJAMBI.CO.ID, SENGETI-Sejak Resmi dibuka beberapa waktu lalu, antusias pendaftar Calon kepala desa (Cakades) untuk Pilkades serentak tahun 2017 di Kabupaten Muarojambi, terbilang cukup tinggi. Pelaksanaan Pikades serentak jilid II 2017 di Kabupaten Muarojambi diprediksi bakal berlangsung seru. Hal ini dinilai rentan anarkis, sebab berdasarkan data yang dimiliki Dinas PMD angka pendaftar calon kepala desa yang sudah masuk mencapai 106 orang. Para pendaftar dari 33 desa ditambah 1 desa yang ditarik ke belakang untuk mengikuti pilkades serentak pada tahun 2017.

Kepala dinas PMD Raden Najmi ketika ditemui Senin (4/09) terkait dengan akan ditutupnya pendaftaran calon kepala desa pada tanggal 5 September 2017 sebanyak 33 desa yang ikut di pilkades serentak hingga sekarang antusias yang mendaftar terbilang cukup tinggi.

"Jumlah tersebut akan terus bertambah. Seiring waktu pendaftaran yang akan berakhir pada 5 September mendatang, meski belum mengetahui jumlah pastinya," tukas Najmi.

Untuk diketahui ada desa yang mencalonkan baru hanya satu orang  yaitu Desa Mekar Jaya, Desa Sido Multi dan Mulya Jaya.

"Karena calon lainnya masih terkendala administrasi, dan ada juga 5 calon yang mendaftar Cakades 3 desa yakni Desa Margo Manungal Jaya, Punang Tinggi dan Simpang Lima Jaluko 8 September akan tes adat untuk Cakades .

"Kalau terkait dengan anarkis dengan tingginya para pendaftaran calon kades di Muarojambi kita sudah koordinasi dengan pihak hukum. Yaitu pihak polres serta pihak hukum terkait dalam pengamanan dalam pelaksanaan pilkades serentak," pungkas Najmi.

 

Reporter: Ansori Salim