Kwarda Pramuka Jambi Siap Sukseskan PPSN 2018

Minggu, 18 Maret 2018 - 16:54:28


/

RADARJAMBI.CO.IDKwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jambi siap menyukseskan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) ke V tahun 2018. Sebagai tuan rumah, Kwarda Gerakan Pramuka Jambi sudah melakukan berbagai persiapan.

"Dengan terpilihnya jambi sebagai tuan rumah PPSN ke V, secara tidak langsung akan meningkatkan perekonomian dan lebih dikenalnya lagi nama Jambi di tingkat nasional,” kata Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jambi, Sudirman.

Dikatakannya, infrastruktur jalan menuju bumi perkemahan Sungai Gelam tidak luput menjadi perhatian Kwarda Pramuka Jambi.

"Ada beberapa anjungan yang perlu mendapatkan perbaikan. Kita masih ada waktu 6 bulan lagi untuk mencari solusinya. Sudah dikoordinasikan kepada pihak Pemprov dan kabupaten setempat agar ini secepatnya teratasi,” ujarnya.

Dijelaskan Sudirman, Kwarda telah belajar dari pengalaman penyelenggaraan kegiatan yang pernah ada. Termasuk pengelolaan keuangan, saat ini telah ada LPK (Lembaga Pemeriksa Keuangan) sebagai kontrol keungan.

“Yang sudah baik terus dipertahankan dan ditingkatkan, yang kurang baik kita perbaiiki kedepannya. Khususnya dalam hal pengelolaan uang Kwarda Jambi,” jelasnya.

Kepala Kementrian Agama Provinsi Jambi, Muhammad mengatakan, Jambi terus berupaya optimal mempersiapkan segala keperluan pelaksanaan PPSN ke V tersebut agar berjalan sukses. Upaya ini juga didukung Pemerintah Provinsi Jambi sebagai tuan rumah.

“Sumber dananya dari APBN. Selain itu ada bantuan pihak luar, kemudian dari Kwarda sendiri dan juga dana hibah Pemprov,” kata Muhammad.

Lebih lanjut ia berharap dengan adanya kegiatan ini nantinya dapat memperkuat pendidikan karakter bagi peserta yang mengikutinya.

“Kegiatan ini sudah menjadi kegiatan rutinitas tahunan di Kementrian Agama. Kita juga pernah cukup sukses. Ini akan menjadikan pedoman untuk provinsi lain. Kita bersyukur ditunjuk sebagai tuan rumah dan pelaksanaan PPSN ke V,” tutupnya.

Jumlah peserta yang mengikuti PPSN ke V tercatat sebanyak 4500 orang dari 34 provinsi. Ajang tiga tahunan ini akan berlangsung di Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayoeti Musa, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muarojambi, 1-7 Oktober 2018.

Sebelumnya, pada pukul 11.00 WIB, bertempat di depan gedung kantor Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi, Kotabaru, dilakukan pelantikan SPI (Satuan Pengawas Internal), Pusdiklatda dan Satuan tugas Pramuka Peduli.

Penulis : Ndang