Hewan Penular Rabies Segera Divaksin

Senin, 05 November 2018 - 21:03:21


Ilustrasi
Ilustrasi /

radarjambi.co.id-MUARABULIAN-Wacana pemberian vaksinasi Hewan Penular Rabies (HPR) di Kabupaten Batanghari sepertinya akan segera dilakukan. Vaksinasi tersebut juga akan disegerakan secara massal nantinya.


Ini seperti yang disampaikan Kabid Kesewan pada Disbunnak Batanghari, Yannofa. Vaksinasi massal terhadap hewan penular rabies, khususnya anjing, tidak lain untuk menghindari penyebaran rabies yang ada di Batanghari.

“Iya, Disbunnak melalui bidang kesehatan hewan dan ternak berencana akan melakukan vaksinasi massal terhadap hewan penular rabies atau HPR berupa anjing," ungkapnya.

Dikatakannya, vaksinasi HPR tersebut direncanakan akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Hal ini penting mencegah terjadinya peredaran penyakit rabies di Batanghari.

"Vaksinasi massal terhadap hewan penular rabies ini dilaksanakan nantinya dalam rangka menyambut HUT Batanghari, dengan tujuan agar Batanghari bebas rabies," jelasnya.

Menurutnya, vaksinasi massal ini nantinya akan bekerja sama dengan CAT Lover Batanghari dan persatuan buru babi serta masyarakat.

Untuk lokasi vaksinasi massal menurut rencana ada dua lokasi yang akan dijadikan lokasinya, yakni di Disbunnak dan Lapangan Garuda Muara Bulian.

Untuk itu dia mengimbau kalangan masyarakat daerah itu yang memiliki hewan berupa anjing, agar kiranya mendatangi petugas kesehatan hewan yang akan melakukan vaksinasi massal nantinya," tandasnya.

Sementara Wakil Ketua Cat Lover Batanghari, Zamani mengatakan sejauh ini pihak Disbunak belum ada koordinasi terkait hal tersebut.

"Sejauh ini belum ada koordinasi, namun kalau ada kita bersedia membantu, kita sama- sama bekerja, kita juga membutuhkan vaksinasi tersebut. Karena kucing juga salah satu kategori hewan penular rabies. Apalagi khususnya kucing yang memang tidak pernah dijaga kesehatannya," singkat Zamani.

 

 

Reporter   : Didi

Editor       : Ansori