Kesadaran Warga Terhadap Sampah Masih Kurang

Minggu, 09 Desember 2018 - 20:08:05


Kondisi Sampah dipinggir jalan KH. Hasyim Ashari, Kelurahan Rajawali, Kecamatan Jambi Timur
Kondisi Sampah dipinggir jalan KH. Hasyim Ashari, Kelurahan Rajawali, Kecamatan Jambi Timur /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Persoalan sampah memang menjadi problem klasik di tiap penjuru daerah tanah air tidak terkecuali di Kota Jambi saja. Kesadaran dari warga untuk membuang sampah pada tempatnya masih sangat kurang.

Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang lebih baik sudah ada, namun warga tidak menggunakannya. Begitulah kira-kira yang terjadi untuk mengungkapkan keadaan dipinggir jalan KH. Hasyim Ashari, Kelurahan Rajawali, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi.

Ternyata masih banyak warga yang membuang sampah sembarangan. Akibatnya tumpukan sampah yang dibungkus dengan kantongan plastik tampak berserakan sampai ke trotoar jalan.

Salah seorang pengguna jalan mengatakan cukup terganggu dengan adanya tumpukan sampah yang sudah semakin banyak ini. Sebab setiap hari dia bersama pengguna jalan lainnya mencium bau sampah.

"Kalau tiap kali lewat, baunyo udah nyengat. Apalagi sekarang musim hujan, sampah tu basah dan benyek. Pemandangan juga tidak elok," ungkapnya.

Dirinya melanjutkan bahwa hal yang lebih mengejutkan lagi, sebelumya kawasan tersebut sudah diberi spanduk dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Jambi tentang himbauan untuk menjaga kebersihan lingkungan.

"Iyo, sudah dipasang tu spanduk cuma tetap bae masih ado jugo yang buang. Kesadaran orang untuk jago kebersihan la lagi ni," ujarnya.

Sepertinya himbauan dan spanduk yang telah dipasang pun tidak menggugah hati para pembuang sampah sembaranga, mereka tetap saja membuag sampah meskipun spanduk larangan sudah terpampang lebar.

 

 

Reporter : Musriah

Editor     : Ansori