Sampah Rumah Tangga Dominasi Volume Sampah

Rabu, 26 Desember 2018 - 19:46:17


Sampah Rumah Tangga Mendominasi TPS di Muara Bulian
Sampah Rumah Tangga Mendominasi TPS di Muara Bulian /

Radarjambi.co.id - MUARABULIAN - Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Batanghari, mencatat volume sampah yang masuk Ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) mencapai 20-25 ton per hari.

Sampah didominasi oleh sampah rumah tangga, disusul sampah pasar-pasar seperti sayur mayur dan lainya.

"Sepanjang tahun 2018, volume sampah yang dibuang ke TPA di Kabupaten Batanghari mencapai 7.200 ton lebih," kata Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Lingkunkungan Dinas LH Kabupaten Batanghari, Zamhuri ditemui wartawan Rabu (26/12).

Zamhuri sendiri menyebutkan, peningkatan volume sampah biasa terjadi pada bulan puasa. Selama bulan puasa volume sampah mencapai dua kali lipat dari hari-hari biasa. Sampah-sampah tersebut didominasi oleh sampah dari pasar-pasar beduk yang buka selama bulan puasa.

Ia berharap, sampah-sampah yang dihasilakn oleh rumah tangga tersebut dapat dikelola oleh masyarakat, sehingga yang masuk kedalam zona aktif TPA merupakan sampah yang tidak dapat di daur ulang lagi. Sehingga volume sampah yang masuk ke dalam TPA tidak begitu besar.

“Selain itu, sampah-sampah organik yang masuk ke TPA di olah oleh petugas menjadi pupuk kompos, dan sampah-sampah plastik seperti botol minuman di ambil oleh masyarakat sekitar untuk di jual kembali,” kata Zamhuri.

Sementara itu, selain di olah menjadi pupuk kompos, sampah yang di buang ke TPA di daerah itu telah diolah dengan sistim sanitari land fil.

Artinya pembuangan sampah kedalam zona aktif di TPA tersebut ditata dengan sedemikain rupa.

Sehingga zona aktif tersebut mampu menampung sampah hingga 10 sampai 20 tahun lamanya.

“Dulu pembuangan sampah tersebut hanya menggunakan sistim open damping, sampah dibuang begitu saja ke dalam TPA tanpa diolah lagi,” tandasnya

 

 

Reporter : Didi

Editor     : Ansori