Perambah kembali Garap Lahan TNKS di Jangkat

Kamis, 07 Februari 2019 - 19:48:57


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - BANGKO - Beberapa Waktu yang lalu petugas Gabungan turun kelokasi perambahan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang berada di Desa Renah Alai, Kecamatan Jangkat Alhasil perambah berjanji tidak lagi melanjutkan aktifitas perambahan.

Namun beberapa hari terakhir para perambah kembali menggarap lahan tersebut.

Kepala Desa Renah Alai, Zulhadi, yang dikonfirmasi membenarkan bahwa perambah sudah kembali ke lokasi lahan TNKS yang berada di wilayah Desanya dan mengatakan pihak Desa sudah berkoordinasi dengan pihak aparat.

"Memang benar sudah ada lagi perambah yang kembali datang ke lokasi lahan TNKS yang berada di wilayah Desa kami, saya sudah berkoordinasi dengan pihak balai TNKS dan aparat," terang Zulhadi.

Sementara pihak dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) Dandim 0420 Sarko, Letkol Kav Royhat Happy Ariyanto turut membenarkan kabar tersebut dan sudah memerintahkan Danramil untuk mengecek ke lokasi.

"Kami juga baru saja mendapatkan laporan, untuk itu saya sudah perintahkan Danramil untuk memeriksa lokasi tersebut," ujar Letkol Kav Royhat Happy Ariyanto.

Sementara perwakilan Wilayah Satu Balai Besar TNKS, Jaya Sumpena, juga mengatakan pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat dan dalam waktu dekat akan mengecek lokasi untuk melakukan upaya persuasif.

"Kita sudah mendapatkan laporan dari masyarakat, kami akan coba untuk melakukan pendekatan persuasif kepada pihak yang melakukan perambahan lahan TNKS tersebut," ujar Jaya Sumpena.

Saat ditanyakan pada perjanjian terakhir pihak Balai TNKS akan menindak secara hukum pihak yang kembali mencoba merambah hutan TNKS, Jaya Sumpena, menegaskan akan tetap melakukan upaya persuasif untuk menjaga kondusifitas Pemilu.

"Inikan musim Pemilu jadi kita harus menjaga kondusifitas, jadi tetap akan kita coba upaya persuasif dulu," tegas Jaya Sumpena.

 

 

Reporter : Kasriadi

Editor     : Ansori