Kominfo Jambi : Hati-Hati Bermedsos, Hindari Hoax dan Ujaran Kebencian Jelang Pemilu 2019

Rabu, 27 Maret 2019 - 20:24:51


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi Nurachmat Herlambang mengingatkan masyarakat khususnya Provinsi Jambi berhati hati berselancar di media sosial (medsos). Apalagi menjelang pemilu 2019 yang sudah di depan mata.

"Dari pusat itu selalu memantau ke seluruh wilayah di Indonesia termasuk Jambi, jika memang ada ditemukan pelanggaran bisa dijerat UU ITE," ungkapnya.

Nurachmat menyampaikan, sejauh ini pihaknya bersama instasi terkait terus mensosialisasikan ini sampai dengan ke desa-desa, sehingga masyarakat dapat memahami serta mewujudkan pesta demokrasi yang aman tanpa harus diwarnai dengan penyebaran hoax dan ujaran kebencian.

"Masyarakat yang aktif di akun medsos, Facebook, Instagram, WhatsApp dan lainya, ketika membaca suatu informasi berhati-hati, cek dulu kebenaran dan sumbernya,"sampainya.

Ia mengakui fenomena hoax sudah mewabah di berbagai daerah termasuk di Jambi . Wabah ini melibatkan berbagai kegiatan, baik dari produksi maupun penyebaran konten berita. Celakanya banyak masyarakat yang mudah percaya informasi tersebut. Akibatnya, korban hoax hidup penuh kecemasan, berpikir tidak rasional, penuh kebencian, dan mudah berkonflik dengan siapa pun yang berbeda pandangan.

Hoax itu, katanya , tidak memiliki fakta yang akurat dengan penambahan atau pengurangan kontennya. 

Berita hoax bisa berarti narasumbernya tidak jelas dan kebenarannya tidak bisa diklarifikasi. Hoax selalu menyerang atau memusuhi pihak tertentu dengan mengatasnamakan kebaikan atau kebenaran. Tapi isinya sebagian besar menjual kecemasan, ujarnya.

 

 

Reporter : E. Haryanto

Editor     : Ansori