Ketua BPSK Ingatkan Pelaku Usaha tak Rugikan Konsumen

Selasa, 14 Mei 2019 - 16:31:56


H. Arsyad
H. Arsyad /

Radarjambi.co.id - SAROLANGUN - Sudah menjadi kebiasaan saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri permintaan barang meningkat diakibatkan tingkat kebutuhan masyarakat yang meningkat.

Ketua Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kabupaten Sarolangun H Arsyad, mengimbau masyarakat agar menjadi konsumen yang cerdas, tidak mudah terpikat iklan, dan tak gampang tergiur promosi yang menyesatkan. 

‘’Kami menghimbau masyarakat membeli barang sesuai kebutuhan, mencermati produk, dan mengurangi sikap konsumtif,’’ kata H Arsyad, saat ditemui harian ini, lalu.

Saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri biasanya munculnya kasus-kasus yang merugikan konsumen, seperti makanan yang tidak layak konsumsi dan membahayakan kesehatan. 

Untuk itu, Ketua BPSK juga meminta pelaku usaha terutama minimarket dan toko yang ada di Kabupaten Sarolangun tidak mencari keuntungan dengan merugikan konsumen.

‘’Kami menghimbau toko maupun pengelola minimarket yang ada untuk teliti dan tidak menjual barang yang tidak layak seperti barang yang telah kadaluwarsa,’’ tegasnya.

Dijelaskan Arsyad, kasus peredaran makanan tak layak konsumsi selama Ramadhan dan Lebaran sangat memungkinkan terjadi.

Karena pada saat-saat tersebut pasar tradisional dan pasar modern sangat ramai dikunjungi konsumen. 

‘’Sehingga seringkali konsumen lalai memeriksa mutu barang yang akan dikonsumsinya, untuk itu masyarakat harus berhati-hati," ujarnya.

Selain itu, mejelang Idul Fitri pembelian makanan dan minuman kaleng atau kemasan sangat tinggi. 

Arsyad meminta konsumen atau masyarakat jangan membeli produk kalau kalau tanggalnya sudah kadaluwarsa, kalengnya sudah penyok, atau kemasannya rusak.

Terakhir kata Arsyad, jika memang konsumen merasa dirugikan dengan suatu produk atau pelaku usaha bisa melaporkannya ke BPSK Kabupaten Sarolangun.

‘’Kalau ada konsumen yang merasa dirugikan, kita bisa proses di BPSK, jangan sampai masyarakat dirugikan dengan pelaku usaha yang ingin mencari keuntungan,’’tuntasnya.

 

 

Reporter : C. Rangkuti

Editor     : Ansori