Satgas RSUD Chatib Quzwain Sarolangun Siap Pencegahan Dini Covid 19

Rabu, 18 Maret 2020 - 20:36:37


Direktur RSUD Prof DR H Chatib Quzwain Kabupaten Sarolangun, dr H Bambang Hermanto M.Kes
Direktur RSUD Prof DR H Chatib Quzwain Kabupaten Sarolangun, dr H Bambang Hermanto M.Kes /

Radarjambi.co.id-SAROLANGUN- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof DR H Chatib Quzwain Sarolangun cukup serius menyingkapi soal pencegahan virus Corona (Covid-19). Buktinya pada Selasa (17/03) Direktur RSUD CQ, dr H Bambang Hermanto M.Kes telah membentuk Satuan Tugas (Satgas).

Pembentukan Satgas pencegahan Corona itu dilakukam untuk menindaklanjuti Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Virus Covid-19 dan tindaklanjut dari  intruksi Bupati Sarolangun, H Cek Endra.

Berdasarkan pantauan dilapangan, RSUD CQ terus melakukan upaya pencegahan dini virus Corona, misalkan dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi dan mendeteksi suhu tubuh pasien dan pengunjung RSUD CQ dengan menggunakan alat Termometer Laser.


"Kita menjalankan intruksi pak Bupati sebagai upaya pencegahan Covid 19.  Kita telah membentuk Satgas RSUD CQ untuk aktif melakukan sosialisasi, cuci tangan berstandar WHO dan mendeteksi pasien dan bagi keluarga pasien yang berkunjung RSUD CQ," Kata Direktur RSUD CQ dr H Bambang Hermanto MKes.

Direktur RSUD CQ juga menjelaskan adapun gejala pasien yang terindikasi dengan virus Corona, seperti demam, pilek, batuk sesak nafas. Hal itu bisa terdeteksi dengan alat yang kita gunakan therometer laser.

“Jika ada gejala bagi masyarakat yang terjangkit dengan virus Corona, maka tindakan awal kita lakukan pendeteksian suhu tubuh dengan menggunakan Termometer Laser,”ucap dr H Bambang Hermanto.

Disamping itu, Direktur RSUD CQ Sarolangun menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sarolangun untuk tidak ragu melaporkan atau bisa secara langsung melakukan pemeriksaan secara dini ke RSUD, jika adanya gejala awal mirip dengan gejala terjangkit dengan virus Corona.

"Kami  mohon kerjasama masyarakat dalam upaya untuk mencegah penularan Covid 19. Jadi, kepada masyarakat saya harap partisipasinya dalam memberikan informasi kalau sekiranya ada kerabat dan keluarga mengalami demam, sesak nafas batuk, pilek untuk dibawa kerumah sakit untuk kita periksa,”terang Direktur RSUD.

Sementara itu, adapun upaya dalam pencegahan terhadap virus Corona, yakni hindari tempat yang ramai atau berdesakan, jika pun terpaksa, maka diminta menggunakan alat pelindung diri seperti masker, selanjutnya cuci tangan setelah kontak dengan benda dilingkungan sekitar, kemudian jangan menyentuh mulut, hidung, mata sebelum mencuci tangan.

“Lebih penting lagi kita harus mengkedepankan pola hidup yang sehat, baik itu secara perilaku yang sehat ataupun pola makanan yang sehat,”tandasnya. (ciz)

 

Editor : Ansory S