Tepati Janji, Tahap Pertama Pemkab Sarolangun Salurkan 40 Ton Beras Corona

Senin, 13 April 2020 - 15:29:19


Penyerahan beras Corona di Kecamatan Pauh oleh Wabup, H Hillalatil Badri
Penyerahan beras Corona di Kecamatan Pauh oleh Wabup, H Hillalatil Badri /

Radarjambi.co.id-SAROLANGUN- Ditengah pandemi Coronavirus Disease (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Dinas Sosial (Dinsos) menepati janji kepada masyarakat dengan merealisasikan bantuan beras untuk warga tidak mampu yang ada di 149 desa dan 9 kelurahan di Kabupaten Sarolangun.   

Penyaluran beras yang dilaksanakan Senin (13/04) sebanyak 40 ton untuk warga tidak mampu di Kecamatan Sarolangun dan Pauh. Penyaluran ini merupakan tahap pertama.

Kepala Dinsos Sarolangun, H Juddin mengatakan, untuk warga tidak mampu di Kecamatan Pauh sebanyak 20 ton beras sudah direalisasikan pada Senin (13/04), pagi tadi, secara simbolis diserahkan langsung oleh pak Wakil Bupati, H Hillalatil Badri.

Menurutnya, penerima bantuan beras untuk Kecamatan Pauh sebanyak 1.111 KK, namun yang sudah teralisasi sebanyak 20 ton untuk 10 ribu KK, sedangkan masih ada kekurangan 2,2 Ton lebih untuk 111 KK.

“Kekurangan penyaluran beras di Pauh terkendala dengan stock beras di Bulog, dimana stock untuk tahapa pertama hanya 40 ton, jadi kami berinisiatif melakukan pembagian secara fifti-fifti untuk Kecamatan Pauh dan Sarolangun, artinya sama-sama kebagian 20 ton dulu. Namun, secara pasti kekurangan penyaluran beras di Pauh akan segera ditutupi dalam waktu dekat ini,”terangnya.

Disamping itu, pada Senin (13/04) sekitar pukul 14.15 WIB, Dinsos kembali menyerahkan bantuan untuk warga tidak mampu di Kecamatan Sarolangun sebanyak 20 ton beras. Penyaluran beras di Kecamatan Sarolangun di fokuskan dulu untuk Kelurahan dan desa terdekat, namun terkait dengan kekurangan akan segera menyusul.

“Penerima bantuan beras di Kecamatan Sarolangun sebanyak 2.394 KK, tahap pertama ini kita menyerahkan untuk 1.000 KK, jadi kekurangan bantuan untuk 1.394 KK atau 27,9 ton akan segera menyusul, sebab penyerahan hari ini menyesuaikan dengan stock beras di Bulog Sarko,”sebutnya.  

Sumber data dalam penyaluran bantuan beras untuk warga tidak mampu ini, kata H Juddin mengacu pada data Bazda Sarolangun.

“Data dari Bazda Sarolangun menjadi acuan kita dalam merealisasikan bantuan beras ini,”ucapnya.

Sementara itu, Wabup H Hillalatil Badri mengatakan dengan dilakukannya penyerahan bantuan beras untuk warga tidak mampu di Kecamatan Pauh dan Sarolangun, ia berharap tepat sasaran.

“Bantuan ini menyangkut dengan hajat orang banyak yang berkaitan dengan dampak pandemi Covid-19, kita berharap realisasinya tepat sasaran,”katanya.

Ditambahkan H Hillalatil Badri, realisasi bantuan beras dibagi 3 tahap, yakni tahap pertama direalisasikan sebelum puasa, selanjutnya tahap kedua diraelisasikan sebelum Idul Fitri dan realisasi tahap ketiga pasca Idul Fitri.

“Kita upayakan, tiga tahap realisasi bantuan beras untuk 15.500 KK warga tidak mampu atau 310 ton beras bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan,”tandasnya.

 

PENULIS : CHARLES R

EDITOR : ANSORY  S