4 Swab Diuji Satu Hasil Diterima, Begini Kondisi Kesehatan Pasien Positif 01 Sarolangun

Senin, 27 April 2020 - 20:08:05


Wawancara dr H Bambang Hermanto, Jubir Gugus Tugas Pencegahan Pengendalian Penularan Covid-19 Kabupaten Sarolangun,
Wawancara dr H Bambang Hermanto, Jubir Gugus Tugas Pencegahan Pengendalian Penularan Covid-19 Kabupaten Sarolangun, /

Radarjambi.co.id-SAROLANGUN-Tim Gugus Tugas Pencegahan Pengendalian Penularan Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Sarolangun sudah mengirimkan 4 swab Pasien Dalam pengawasan (PDP) ke Jakarta melalui Tim Gugus Provinsi Jambi.

Hingga Senin (27/04), siang dari 4 swab yang dikirim untuk diuji, rupanya baru satu hasil yang diterima, dimana satu hasil yang diterima tersebut dinyatakan positif. Kini, tim Gugus Sarolangun masih menunggu hasil uji swab terhadap 3 PDP lainnya.

Bupati Sarolangun, H Cek Endra saat dikonfirmasi menyebutkan dengan adanya satu pasien positif dari hasil uji swab, maka kewaspadaan dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 harus ditingkatkan lagi.

“Semua tim Covid Sarolangun harus lebih waspada lagi dalam menjalankan tugas, begitu juga dengan tiga titik pos penjagaan di pintu masuk Kabupaten Sarolangun harus diperketat,”kata Ketua Gugus Tugas Pencegahan Pengendalian Penularan Covid-19 Kabupaten Sarolangun.

Untuk riwayat perjalanan pasien positif 01 Sarolangun terus ditelusuri, baik itu dilingkungan kerja pasien 01 dan dilingkungan keluarganya, pada awalnya memang sang anak pasien 01 seorang mahasiswi di Sumatera Barat pulang ke Sarolangun, lantaran masa perkuliahan anaknya sedang libur.

“Pasien positif 01 merupakan salah salah satu ASN, maka kita akan melakukan rapid test di BPKB tempat pasien 01 bekerja dan melakukan rapid test di PDAM TSB tempat suami pasien 01 bekerja, sementara itu untuk dilingkungan tempat tinggal pasien 01 dilakukan penyemprotan disinfektan,”ucapnya.   

Terpisah, Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Pencegahan Pengendalian Penularan Covid-19 Kabupaten Sarolangun, dr H Bambang Hermanto MKes menyebutkan, jika suami pasien positif 01 juga dilakukan isolasi mandiri di rumah, namun tetap dalam pemantauan medis.

“Kita masih menunggu hasil uji swab untuk tiga PDP lainnya,katanya.

Diterangkan pria ramah yang juga sedang menjabat sebagai Direktur RSUD Chatib Quzwain Sarolangun, saat ini pasien positif 01 sedang menjalani perawatan intensif di RSUD Chatib Quzwain, secara fisik belum menunjukkan gejala yang fatal atau kondisinya masih seperti biasa saja.

“Pasien positif 01 belum ada menampakkan hal yang sensitif dan fatal terhadap terjangkit Covid-19, kalau kita asumsikan untuk saat ini ia masih tergolong dalam kategori ringan, karena kondisinya pasien positif 01 masih sehat dan biasa saja,”tandasnya.

Ditambahkan dr Bambang, masyarakat jangan panik, tapi ingat harus tetap waspada terhadap penularan Covid-19 dengan cara mematuhi arahan pemerintah dengan memberlakukan Standar Operasional Prosedur (SOP) kesehatan.

“Masyarakat harus menghindar tempat keramaian, terapkan social distancing, rajin menggunakan masker dan mencuci tangan dengan menggunakan sabun pembersih pada air yang mengalir dan jangan mengusap bagian mata, hidung dan mulut sebelum mencuci tangan,”tutupnya.

Berdasarkan informasi yang dirangkum, pekerjaan pasien positif 01 ini adalah PNS, berjenis kelamin perempuan dengan usia sekitar 52 tahun berdomisli di Keluarahan Aur Gading, Kecamatan Sarolangun.

 

PENULIS : CHARLES R

EDITOR : ANSORY S