Ada Gula Pasir Murah, Kadis Perindakop: Bulog Titip Satu Ton di Toserba Ceria Pasar Sarolangun

Jumat, 01 Mei 2020 - 21:37:30


Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sarolangun
Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sarolangun /

Radarjambi.co.id-SAROLANGUN-Ditengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sarolangun, meliputi Dinas Perindagkop, Dinas Ketahanan Pangan, Diskannak, Dinas TPHP dan Bulog membuat spekulasi dengan menjual kebutuhan pokok rumah tangga dengan harga murah atau dibawah harga normal, yakni gula pasir dan beras.

Dimulai pada Jum’at (30/5), TPID menitipkan satu ton gula pasir di Toserba Ceria Pasar Sarolangun untuk dijual dengan Rp 14 ribu per kilogram.

Kepala Dinas Perindagkop Sarolangun, H Kasiyadi menyebutkan, dari koordinasi internal TPID berinisiatif memberlakukan penjualan harga gula pasir murah di Toserba Ceria Pasar Sarolangun. Tujuannya, untuk meringankan beban konsumen terhadap pembelian gula pasir.

“Harga normal gula pasir saat ini kisaran Rp 18 ribu hingga Rp 20 ribu per kilogram, tapi kita menyediakan satu ton gula pasir untuk dijual dengan harga Rp 14 ribu per kilogram,”kata H Kasiyadi.

Dijelaskan Kadis Perindagkop, untuk pembelian gula pasir murah oleh konsumen dibatasi, maksimal 5 kilogram.

“Lantaran persedian terbatas dan mengingatkan kebutuhan akan konsumen terhadap gula pasir tinggi, makanya kita batasi konsumen dalam pembelian, artinya tidak dilayani pembelian diatas 5 kilogram,”ucapnya.

Bukan hanya itu, TPID dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan juga merencanakan akan membeli beras petani, kemudian akan dijual ke konsumen di setiap kecamatan, nanti akan disesuaikan dengan situasi, kondisi dan perkembangan di lapangan.

“Dalam bukan Ramadhan ini, TPID juga mewacanakan penjualan beras murah di setiap kecamatan,”tambahnya.

Disamping itu, papar Kadis Perindagkop pada Ramadhan 1441 H/2020 M ada sedikit berbeda dengan Ramadhan 1440 H sebelumnya, biasanya dilakukan operasi pasar secara resmi oleh Perindagkop, tapi kali ini tidak dilakukan, sebab ada kekhuatiran akan terjadinya kerumunan atau keramaian.

“Untuk menghindari kerumunan dan keramaian, maka operasi pasar secara resmi untuk Ramadhan 1441 H ditiadakan, solusinyo itu tadi, Bulog nitip gula pasir di Toserba Ceria sebanyak satu ton dengan harga jual Rp 14 ribu per kilogram,”pungkasnya.

 

PENULIS : CHARLES R

EDITOR : ANSORY S