Kelurahan Pasar Sarolangun Rangkul Generasi Muda dengan Pembinaan Karang Taruna

Rabu, 07 Oktober 2020 - 16:25:54


Lurah Pasar Sarolangun dan Seklur bersama pemuda terhimpun dalam Karang Taruna
Lurah Pasar Sarolangun dan Seklur bersama pemuda terhimpun dalam Karang Taruna /

RADARJAMBI.CO.ID-SAROLANGUN - Kelurahan Pasar Sarolangun, Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun yang dimotori oleh Lurah, Junadi SS MPdi merangkul generasi muda dengan mengadakan pelatihan pembinaan kelembagaan kemasyarakatan melalui pelatihan Karang Taruna.

Kegiatan pelatihan Karang Taruna digelar di ball room Hotel Abadi Sarolangun, dibuka oleh Camat Sarolangun Huzairin SPdi dengan menghadirkan 30 orang peserta dari perwakilan masing-masing RT, dijadwalkan akan berlangsung sejak Rabu (07/10) hingga Jum'at (09/10). .

Rangkaian proses kegiatan pelatihan mengkedepankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Ini terlihat dari kesiapan panitia pelaksana dengan menyiapkan masker, hand sanitizer dan memberlakukan social distancing.

Lurah Pasar Sarolangun, Junaidi SS MPdi dalam sambutan pengantar mengatakan, inisiasi pelaksanaan pelatihan pembinaan kelembagaan kemasyarakatan melalui pelatihan karang taruna agar terwujudnya pertumbuhan dan perkembangan kesadaran tanggung jawab sosial setiap generasi muda warga Karang Taruna dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah sosial.

Selain itu, terbentuknya jiwa dan semangat kejuangan generasi muda dalam wadah Karang Taruna yang terampil dan berkepribadian serta berpengetahuan, Kemudian, termotivasinya setiap generasi muda Karang Taruna untuk mampu menjalin toleransi dan menjadi perekat persatuan dalam keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta terjalinnya kerjasama antara generasi muda warga Karang Taruna dalam rangka mewujudkan taraf kesejahteraan sosial bagi masyarakat.

"Dengan kegiatan ini, kita berharap bisa terwujudnya kesejahteraan sosial yang semakin meningkat bagi generasi muda di kelurahan atau komunitas adat sederajat yang memungkinkan pelaksanaan fungsi sosialnya sebagai manusia pembangunan yang mampu mengatasi masalah kesejahteraan sosial dilingkungannya,"ungkap Lurah Pasar Sarolangun.

Diakui Junaidi, jika untuk kegiatan karang taruna di Kelurahan Pasar Sarolangun sempat vakum, maka dinilai sangat perlu di produktifkan lagi dengan melakukan penyegaran kepengurusan terbaru. Pada puncak kegiatan pelatihan Karang Taruna ini bersamaan akan melakukan pemilihan Ketua Karang Taruna dan kepengurusan lainnya.

"Kami berharap berharap anak muda keluarahan pasar Sarolangun bisa berinovasi dan bermitra dengan pemerintah dalam rangka mengimplementasi kegiatan yang sifatnya membangun,"ucapnya.

Terpisah, Camat Sarolangun Huzairin mengatakan, jika pihak kecamatan mendukung kegiatan pelatihan ini, sebagaimana yang diatur dalam Permensos 25 tahun 2019 tentang Karang Taruna.

"Permensos 25 tahun 2019 tentang Karang Taruna menyebutkan bahwa Karang Taruna adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk generasi muda, yang berorientasi pada tercapainya kesejahteraan sosial bagi masyarakat,"sebutnya.

Menurutnya, pemberdayaan Karang Taruna adalah suatu proses pengembangan kemampuan, kesempatan, dan pemberian kewenangan kepada Karang Taruna untuk meningkatkan potensi, pencegahan dan penanganan permasalahan sosial, pengembangan nilai-nilai kepeloporan melalui pemanfaatan sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya sosial, dan teknologi. Karang Taruna berkedudukan di Desa atau Kelurahan di dalam wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Melalui kegiatan pelatihan Karang Taruna ini, semoga bisa dikembangkan dan bermanfaat untuk masyarakat,"katanya.

Camat Sarolangun menegaskan, dibalik kegiatan pelatihan ini, diminta para peserta bisa membantu pemerintah dalam mensosialisasikan tentang pencegahan Covid-19 di Keluarhan Pasar Sarolangun.

"Sampaikan kepada masyarakat agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan Covid-19,"tandasnya.


PENULIS: CHARLES R
EDITOR: ANSORY S