Kelurahan Pasar Sarolangun Support Pegawai Syarak dan RT Saling Bersinergitas

Senin, 12 Oktober 2020 - 16:25:17


Kelurahan Pasar Sarolangun menggelar Pelatihan Pembinaan Kelembagaan Kemasyarakatan, khususnya bagi para pegawai syarak dan RT
Kelurahan Pasar Sarolangun menggelar Pelatihan Pembinaan Kelembagaan Kemasyarakatan, khususnya bagi para pegawai syarak dan RT /

RADARJAMBI.CO.ID-SAROLANGUN - Kelurahan Pasar Sarolangun, Kecamatan Sarolangun memberikan support kepada pegawai syarak dan elemen Rukun Tetangga (RT) untuk saling bersinergitas dalam rangka mengisi pembangunan di Kelurahan Pasar Sarolangun, sehingga nilai keagamaan, kenyamanan, kerukunan dan kedamaian benar-benar akan dirasakan oleh masyarakat.

Pada Senin (12/10) sekitar pukul 09.00 WIB, pemerintah Kelurahan Pasar Sarolangun menggelar Pelatihan Pembinaan Kelembagaan Kemasyarakatan, khususnya bagi para pegawai syarak dan RT bertempat di Ballroom Abadi Hotel Sarolangun.

Kegiatan pelatihan mengekdepankan protokol kesehatan, para penitia pelaksana telah menyiapkan masker, hand sanitizer dan menerapkan social distancing. Dibalik itu, para peserta diberikan ID Card yang dilengkapi dengan baju batik berlengan panjang dan tas.
.
Kegiatan itu dibuka oleh Camat Sarolangun Huzairin Saman, S. Pd. I, yang didampingi Lurah Pasar Junaidi, SS, M. Pd. I dan Sekretaris Lurah Pasar Jimmy Kelly, SE.

Lurah Pasar, Junaidi, SS, M. Pd.I dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini atas inisiasi Kelurhan Pasar Sarolangun yang mengacu pada permendagri Nomor 18 Tahun 2018 tentang pegawai syarak dan para RT dalam peningkatan pemberdayaan masyarakat. Berdasarkan jadwal yang telah ditentukan, kegiatan ini dilaksanakan elama tiga mulai tanggal 12 Oktober 2020 hingga 14 Oktober 2020.

"Sebanyak 40 peserta yang mengikuti pelatihan dan pembinaan, kesemuanya terdiri dari pegawai syarak, RT, ketua lingkungan dan lembaga pemberdayaan masyarakat dalam wilayah Pemerintahan Kelurahan Pasar Sarolangun,"katanya.

Lurah Pasar Sarolangun berharap, agar kegiatan ini dapat bersinergitas untuk peningkatan pelayanan di kelurahan pasar, dan juga ada korelasi antara perangkat kelurahan dengan pegawai Syarak, ketua lingkungan, lembaga pemberdayaan masyarakat hingga ke RT.

"Melalui kegiatan ini, pegawai syarak dan RT bersama tokoh masyarakat lainnya bisa saling bahu membahu, sebalik bisa menjalankan Tupoksi dengan baik,"ujarnya.

Terpisah, Camat Sarolangun Huzairin Saman mengatakan, jika kegiatan dilaksanakan dalam rangka pemberdayaan masyarakat dengan tujuan untuk menciptakan kondisi masyarakat yang aman, tertib dan kondusif serta mendorong masyarakat untuk aktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam mendukung visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun menuju Sarolangun yang lebih maju dan sejahtera.

“Mari kita bersinergi kedepan dalam rangka kegiatan kemasyarakatan, sebab pak RT juga memiliki tugas dalam mengkoordinir warga masyarakat di wilayah masing-masing, begitu juga tugas pegawai syarak yang identik dengan tugas di masjid ataupun langgar, tentu diharapkan dapat mendukung dan mengajarkan masyarakat untuk melaksanakan sholat berjamaah lima waktu di masjid,"jelasnya.

Dikatakan Camat, kegiatan pelatihan dan pembinaan yang diselenggarakan ini bertepatan dengan HUT Kabupaten Sarolangun ke-21, diminta seluruh elemen masyarakat diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Sarolangun, khususnya dalam wilayah Kelurahan Pasar,

"Kami mengajak pegawai syrak dan RT untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan mencuci tangan pakai sabun, menggunakan masker dan menjaga jarak atau tidak melakukan kontak fisik. Mari kita bersatu melawan virus corona menuju Sarolangun yang lebih sehat, majudan sejahtera,”ungkapnya.


PENULIS: CHARLES R
EDITOR: ANSORY S