Pelepasan Relawan Covid 19 Stikes GAPU

Rabu, 14 Juli 2021 - 11:13:39


/

Radarjambi.co.id-KOTA JAMBI-Didampingi Wakil Walikota Jambi, Maulana, Walikota Jambi, Syarif Fasha melepas puluhan relawan Covid-19 Kota Jambi, di Mako Damkar Kota Jambi, Senin (12/7). Relawan tersebut merupakan mahasiswa semester akhir STIKES Garuda Putih.

Pelepasan itu turut dihadiri Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli, S.I.P, M.M., Dandim 0415/Jambi, Detasemen Kesehatan Garuda Putih, Kepala OPD, dan tamu undangan lainnya.

Dikatakan oleh Walikota Fasha bahwa alasan Pemerintah Kota Jambi menggunakan Tenaga Mahasiswa ialah karena saat ini sedang membutuhkan tambahan Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk meninjau, memeriksa, mengawasi pasien-pasien Covid-19 yang saat ini sedang isolasi mandiri.

"Ada lebih kurang sekitar 250 lebih yang berada dirumah dalam kaitan isolasi mandiri, kenapa karena tenaga kesehatan Kota Jambi yang berada di Puskesmas saat ini sudah kewalahan dalam arti kata kewalahan karena mereka juga memiliki tugas dan tanggung jawab melayani masyarakat umum, pasien umum di Puskesmas tersebut. Kemudian mereka juga melayani vaksinasi di puskesmas," katanya.

Mengingat akan hal itu, maka ia meminta bantuan Korem untuk memanfaatkan mahasiswa Stikes semester akhirnya.

"Jadi tadi ada 62, dan 62 ini kami bagi dua tim yaitu 31/31 yang mereka bertugas bergantian per tim," beber Walikota Fasha.

Relawan ini akan ditugaskan kurang lebih selama 3 bulan. Sebelum berangkat atau memakai APD para relawan ini diberikan sarapan, supplement, susu encer, dan juga diberikan transportasi harian.

"Para relawan ini titik kumpulnya di Damkar. Pemakaian APD, kemudian pulangnya juga nanti maka titik kumpulnya juya di sini, karena kenapa melepas dan memakai APD adalah bagian yang sangat vital sekali.

Kalau mereka lakukan salah maka mereka akan terpapar Covid-19. Tugas mereka di lapangan adalah memantau, mengecek, memeriksa kondisi fisik pasien-pasien Covid-19 yang sedang isolasi mandiri," pungkas Walikota Fasha. (ria/akd)