Pemkot Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

Rabu, 14 Juli 2021 - 11:16:13


/

radarjambi.co.id-KOTA JAMBI-Wakil Walikota (Wawako) Jambi dr Maulana, memimpin apel pelaksanaan pemeriksaan dan pemberian label sehat bagi seluruh Hewan Qurban yang ada di Kota Jambi, Selasa (13/7)

dr Maulana mengatakan dari laporan Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Kota Jambi, jumlah Sapi tahun ini sebanyak 1.713 ekor, Kerbau 159 ekor dan Kambing 2233 ekor.

“Jadi total keseluruhan hewan yang ada sebanyak 4.105 hewan Qurban dan yang telah dilakukan pemeriksaan kurang lebih sebanyak 1700 ekor hewan Qurban,”katanya.

Semua hewan Qurban yang akan di lakukan pemotongan pada hari raya Idhul Adha pada Tahun 2021 harus dilakukan pemeriksaan.

“Kesehatan hewan oleh tim yang hari ini tadi kita turunkan yang pertama 20 orang Dokter hewan dan tenaga teknis dari dinas pertanian ketahanan pangan dan di bantu 17 orang dari mahasiswa Universitas Jambi (Unja),”jelasnya.

Pemerintah mempunyai kewajiban untuk menyiapkan makanan yang sehat, halal dan baik untuk ibadah Qurban. Oleh karena itu, secara serentak sampai dengan tanggal (20/07) kedepan akan dilakukan pemeriksaan.

“Insyaallah hewan yang ada di Kota Jambi yang akan dilakukan pemotongan qurban pada Idhul Adha memenuhi standar,”ungkapnya.

Kemudian, Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi berkerjasama dengan MUI. Pihaknya juga telah melakukan pelatihan-pelatihan para ustadz di masjid-masjid yang akan melakukan pemotongan.

“Syarat rukunnya termasuk pelaksanaannya yang sesuai dengan syar’i sudah kita lakukan dan yang paling penting itu proses dari pemeriksaan hewan sampai dengan pemotongan,”tuturnya.

Ditambahkan, untuk pembagian daging hewan harus memenuhi standar Protokol Kesehatan (Prokes) dan saat pendistribusian daging tidak boleh ada yang berkerumun.

“Kalau memungkinkan diantar ke rumah- rumah saja supaya tidak menimbulkan kerumunan dan untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Jambi,”pungkasnya.(ria/akd)