Pentingnya Kuliah bagi Generasi Muda Indonesia

Senin, 27 Juni 2022 - 19:30:03


Ilustrasi
Ilustrasi /

Generasi Muda dianggap sebagai agent of change yang berperan penting dalam kemajuan bangsa.

Pemuda Indonesia diharapkan dapat menjaga eksistensi bangsa di kancah nasional maupun internasional serta mampu memberi kesan yang baik di mata dunia. Kualitas sumber daya manusia dapat ditingkatkan dengan pendidikan.

Melalui pendidikan bisa berinteraksi, bersosialisasi, menggali potensi diri, serta memperoleh informasi. Pendidikan merupakan sumber kemajuan suatu bangsa, karena dengan pendidikan yang baik kualitas sumber daya manusia juga akan meningkat.

Di Indonesia setiap warga Negara Indonesia mempunyai hak yang sama dalam memperoleh pendidikan yang bermutu.

Banyak orang berpikir bahwa pendidikan itu penting, akan tetapi tidak sedikit pula yang menganggap bahwa pendidikan itu hanya sebatas formalitas untuk mendapatkan ijazah dan gelar.

Bagi masyarakat yang tinggal didaerah terpencil misalnya. Mayoritas masyarakat disana menganggap bahwa lebih baik bekerja daripada sekolah. Alasan utamanya yang pasti berhubungan dengan ekonomi.

Karena kalau bekerja bisa mendapatkan uang, sedangkan sekolah hanya menambah biaya dan buang-buang uang. Untuk meningkatkan mutu pendidikan dari segi sumber daya manusia, pemerintah Indonesia mencanangkan program wajib belajar 12 tahun.

Dimulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas / kejuruan. Namun pada kenyataannya sistem pendidikan yang ada saat ini di tingkat SMA, MA, SMK atau sekolah kejuruan lainnya masih relatif umum, meskipun sudah ada penjurusan namun belum sampai pada level siap kerja dari sisi keterampilan dan pengetahuan.

Dengan begitu untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan perlu adanya keberlanjutan pendidikan hingga ke bangku kuliah / perguruan tinggi.

Pendidikan hingga ke bangku kuliah / perguruan tinggi di masa sekarang memanglah sangat penting, agar memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang bisa memberikan bekal untuk bersaing di masa Revolusi Industri 4.0 sekarang ini.

Saat ini banyak yang menjadikan gelar sarjana sebagai standar untuk melamar pekerjaan. Jadi, jika hanya sebatas lulusan SMA, MA, SMK atau sekolah sederajat lainnya peluang dalam berkarir masih sangat sempit.

Kuliah merupakan jalan menuju pendidikan yang lebih tinggi dan memberikan peluang kesempatan belajar di luar negeri.

Untuk memajukan peradaban bangsa sebagai generasi muda penerus bangsa tentunya harus mampu mengembangkan ilmu pendidikan agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman.

Dengan kuliah semua hal tersebut tentunya dapat diraih, oleh sebab itu melanjutkan studi hingga ke bangku perkuliahan sangatlah dianjurkan untuk mengembangkan potensi diri dan mengasah kemampuan lebih dalam lagi. (***)

 

Penulis : Rindiani Ulfa, Mahasiswi

             Universitas Ahmad Dahlan