Gen Z dan Bahasa Inggris

Sabtu, 02 Juli 2022 - 20:21:35


Monica Gita Konipa
Monica Gita Konipa /

 Gen Z adalah generasi Z yang sangat paham dengan teknologi dan sangat dekat dengan bahasa Inggris.

Mengapa disebut Gen Z karena setiap generasi memiliki latar belakang hingga memiliki sebutan yang berbeda.

Ada beberapa generasi yaitu Gen Baby Boomer lahir pada tahun 1946-1964, Gen X lahir pada tahun 1965-1979, Gen Y atau generasi Millenial yang lahir pada tahun 1980-1995-, Gen Z atau biasanya disebut iGeneration, Generasinet atau generasi internet yang lahir pada tahun 1996-2009 dan Gen Alpha lahir pada tahun 2010 dan akhir dari generasi ini masih belum ditentukan.

Setiap generasi memiliki perbedaan kepribadian karena rentang kelahirannya.

Mengapa Generasi Z menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa utama atau bahasa sehari-hari? Gen Z sendiri adalah generasi yang hadir setelah generasi Millenial atau Gen Y, di mana Gen Z ini dikenal sebagai generasi yang paham teknologi, semua yang dilakukan serba praktis karena menggunakan teknologi yang canggih.

Teknologi secara mendunia menggunakan bahasa Inggris, maka dari itu secara tidak langsung Gen Z menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa utama.

Tidak heran jika Gen Z adalah generasi yang paling canggih karena mereka paham teknologi dunia dan pandai bahasa Inggris dan menjadikan bahasa sehari-harinya.

Dapat kita lihat betapa pentingnya bahasa Inggris di era globalisasi ini, beberapa iklan di Tv, spanduk, sosial media dan bahkan di tempat umum sudah menggunakan beberapa istilah bahasa Inggris.

Oleh karena itu, bahasa Inggris telah melekat dalam kehidupan sehari-hari Gen Z. Tidak heran jika Gen Z ini telah mendominasi kehidupan saat ini.

Generasi terbelakang pun banyak yang kesulitan karena Gen Z mendominasi, mereka tidak paham dengan istilah yang menggunakan Bahasa Inggris.

Dengan berjalannya waktu bahasa Inggris akan menjadi bahasa utama yang menetap.

Gen Z beranggapan bahwa ketika mereka tidak menggunakan bahasa Inggris mereka merasa kuno.

Pada saat ini paham akan bahasa Inggris itu penting, meskipun kurang pandai berbicara menggunakan bahasa Inggris setidaknya kita tau apa maksut dari tulisan atau pembicaraan orang lain.

Kita semua dapat melihat perkembangan di Indonesia sendiri bahasa Inggris telah digunakan dimana-mana. Bahkan di restoran atau tempat ibadah telah menggunakan istilah bahasa Inggris.

Melihat perkembangan yang semakin maju ini memang sangat membanggakan karena Generasi Z dari Indonesia dapat mengimbangi negara maju lainnya di bagian teknologi.

Beberapa negara maju di Eropa tingkat kecanggihan teknologi sudah tidak diragukan lagi, dengan Gen Z ini semakin memiliki semangat ingin tahu tentang teknologi maka itu, akan memudahkan mereka karena telah membiasakan diri dengan bahasa Inggris.

Sudah banyak orang yang paham dengan bahasa Inggris itu lebih memudahkan kita berinteraksi dengan orang-orang daari berbagai penjuru.

Kita dapat melihat di beberapa media sosial beberapa warga Indonesia sangat kreatif yang akhirnya Indonesia semakin banyak dikenal negara lain.

Karena kecanggihan dalam pemahaman teknologi.

Tidak ada salahnya jika kita menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari, tetapi alangkah baiknya bila tetap mengimbangi dengan Bahasa Indonesia, karena itulah jati diri Indonesia.

Dengan banyaknya negara yang tahu bahwa warga Indonesia sendiri sangat paham serta pandai akan teknologi, itu akan lebih melegakan, serta berkemungkinan besar Indonesia tidak akan di jajah lagi karena negara luar sudah mengaggap Indonesia pintar.

Banyak sekali keuntungan dari pintarnya Bahasa Inggris yang itu memudahkan kita dalam kehidupan saat ini.

Ada banyak cara dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris yaitu dengan menonton film, mendengarkan musik, membaca English book, game atau menggunakan aplikasi yang dapat berkomunikasi langsung dengan orang luar negeri, seperti Ome Tv.

Beberapa cara yang dapat dilakukan para Gen Z yang mungkin kurang tertarik jika menggunakan atau mengikuti kursus bahasa Inggris, ya karena itu tentunya sangat membosankan.

Tanpa mengurangi minat saat ini sudah banyak cara untuk belajar memperdalam bahasa Inggris.

Gen Z seharusnya lebih memperdalam lagi kemampuan berbahasa Inggris, karena kedepannya mereka akan menghadapi keadaan yang lebih canggih dari sekarang dan itu tidak menutup kemungkinan di masa mendatang bahasa Inggris akan menjadi second language di setiap negara yang bersifat wajib.

Semua teknologi dan sistem akan secara terseluruh menggunakan bahasa Inggris.

Menguasai bahasa Inggris bukanlah yang buruk, itu adalah hal yang menguntungkan bagi kita semua sebagai Gen Z.(*)

 

Penulis : Monica Gita Konipa, Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univeritas Ahmad Dahlan Yogyakarta.