Video Games Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Sabtu, 02 Juli 2022 - 20:36:08


Firgian Aryandi
Firgian Aryandi /

Pada era modern seperti saat ini, bahasa Inggris sudah menjadi hal yang lumrah dan bisa kita temui di mana saja. Walaupun bukan bahasa asal kita, namun bahasa Inggris memiliki pengaruh yang sangat penting dalam lingkungan kita. Apa saja contoh yang biasa kita temui?

Misalnya internet, hampir semua konten yang ada di dalam internet itu berasal dari luar negeri dan menggunakan bahasa Inggris.

Dan yang paling berdampak dan memberi pengaruh yang sangat besar bagi kita para generasi muda adalah video games.

Permainan video atau yang sering kita sebut dengan video games adalah sebuah permainan elektronik berupa gambar maupun teks, yang bisa kita mainkan dengan menggunakan sebuah perangkat untuk memainkan game tersebut.

Kita bisa menggunakan perangkat khusus untuk memainkannya, seperti Playstation. Kita juga bisa menggunakan smartphone, komputer dan lainnya yang mendukung untuk memainkan video game.

Video games memiliki pengaruh yang besar dalam mempelajari sebuah bahasa, yaitu bahasa Inggris.

Seperti yang kita ketahui, video games sekarang sangat identik dengan anak-anak dan para remaja, tak terkecuali juga orang-orang dewasa yang suka bermain game.

Dan tentu saja, rata-rata konten atau bahasa yang dimuat di dalam game tersebut adalah bahasa Inggris.

Kebanyakan game menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa bawaan mereka karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional, maka dari itu sangat wajar jika bahasa Inggris menjadi bahasa awal di games tersebut.

Lalu apa hubungannya dengan pengaruh dalam pembelajaran bahasa Inggris? Video games sendiri adalah sarana permainan yang sangat adiktif.

Kita tak bisa berhenti memainkannya sampai kita menang atau puas. Maka dari itu, kita harus tahu konten apa yang ada dalam game tersebut.

Mau tidak mau, kita harus tahu bahasa apa yang kita baca, bahasa apa yang kita dengar, untuk tetap memainkan game tersebut.

Dan semakin kita sering mendengar dan membaca, kita akan semakin familiar dengan bahasa tersebut dan akan semakin mudah untuk memahaminya.

Menurut Woolard (1995:20) ada banyak manfaat yang dapat diambil yaitu:

1) games are a welcome break from the usual routine of the language class.

2) They are motivating and challenging.

3) Learning a language requires a great deal of effort. Games help students to make and sustain the effort of learning.

4) Games provide language practice in the various skills, speaking, writing, listening and reading.

5) They encourage students to interact and communicate and

6) They create a meaningful context for language use.

Maka dari itu, video games sebagai sarana untuk mempelajari bahasa Inggris bisa berdampak positif bagi anak-anak dan para remaja.

Selain dapat mempelajari tiap kalimat atau teks yang ada di dalam game tersebut, kita juga terlatih untuk mendengar setiap suara atau obrolan karakter dari game yang dimainkan.

Jadi, video games adalah salah satu cara yang efektif untuk mempelajari bahasa, yaitu bahasa Inggris.

Walaupun video games memiliki pandangan yang buruk dari kebanyakan masyarakat, tapi kita sebagai generasi muda dapat melihat dan mengambil dampak positif dari bermain video game.(")

Penulis: Firgian Aryandi, Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.