Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Lewat Film

Selasa, 19 Juli 2022 - 20:28:57


M. Ghoni Raihan
M. Ghoni Raihan /

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang penting untuk dipelajari. Apalagi kita hidup di zaman sekarang saat teknologi sudah maju dan berkembang.

Semua orang dapat bertemu orang lain yang berbeda-beda bahasanya. Oleh karena itu, kita dituntut untuk bisa berbahasa Inggris agar bisa menyesuaikan diri.

Di samping itu Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional, oleh karena itu, bahasa ini lebih mudah dipelajari karena banyak sekali sumber informasi yang bisa kita dapatkan.

Baik itu dari Youtube, media sosial, internet, bahkan menonton film sekalipun bisa meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris. Nah tanpa kalian sadari, menonton film juga bisa meningkatkan kemampuan berbahasa inggris kita lo !.

Kok bisa? Bagaimana caranya?. Berikut penjelasan kenapa film bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Zaman sekarang, menonton film sudah menjadi kebiasaan setiap orang di semua negara. Mudahnya akses untuk menonton film membuat semua orang menjadi sering menonton film.

Banyak sekali platform atau aplikasi yang menyediakan film berkualitas, baik itu berbayar maupun gratis. Bagi sebagian orang, menonton film dijadikan untuk penghilang penat setelah bekerja.

Tapi tahukah kamu bahwa menonton film juga bisa meningkatkan kemampuan berbahasa inggris?.

Menonton film inggris dapat meningkatkan vocabulary atau kosakata kita, khususnya dalam percakapan sehari hari. Selain itu, menonton film inggris juga membantu pelafalan kata atau kalimat.

Karena dengan mendengarkan dan menonton terus menerus tanpa kita sadari kita menjadi hafal dan terbiasa dengan kata atau kalimat yang biasa didengar di film tersebut.

Menonton film Inggris juga membuat kita mengetahui cara mengekspresikan sesuatu, seperti meminta tolong, marah, memberikan pendapat, menolak ajakan dan lain-lain.

Nah bagaimana cara yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa inggris dengan menonton film?.

Seperti yang dijelaskan dalam artikel berjudul “ Tips Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris dengan Menonton Film” yang diterbitkan di ef.co.id. Kita bisa mulai dengan memperhatikan aksen dan genre film yang mudah dipahami.

Setiap film menggunakan aksen dan genre yang berbeda. Jika Anda pemula lebih baik untuk menonton film yang menggunakan aksen Amerika atau American accent. Karena aksen ini relatif mudah dipahami dan dilafalkan.

Gunakan subtitle Inggris dan buatlah catatan untuk kosakata baru yang ditemukan dalam film tersebut. Dengan menggunakan subtitle Inggris kita bisa lebih cepat memahami dan mempelajarinya daripada menggunakan subtitle indonesia.

Membuat notes juga membantu kita untuk mengingat setiap kata baru yag ditemukan dalam film tersebut yang nantinya akan dipraktikkan langsung.

Setelah selesai menonton film tersebut, tontonlah ulang tanpa menggunakan subtitle. Hal ini terbukti mampu meningkatkan kemampuan listening.

Dengan menonton tanpa menggunakan subtitle Anda berusaha untuk memahami apa yang dikatakan oleh aktor dalam film tersebut. (*)

 

Penulis : M. Ghoni Raihan, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Ahmad Dahlan