Belajar Bahasa Inggris Melalui Lagu Rap

Selasa, 19 Juli 2022 - 20:35:16


Muhammad Rafli
Muhammad Rafli /

Mempelajari bahasa Inggris merupakan kewajiban yang harus dipenuhi di era globalisasi sekarang ini.

Oleh karena itu, banyak orang berlomba mencari metode terbaik untuk meingkatkan kemampuan bahasa pendidikan satu ini. Salah satu kemampuan dasar yang harus di kuasai untuk menguasai sebuah bahasa adalah kemampuan berbicara.

Tantangan mempelajari sebuah bahasa tidak sebatas sampai disitu melainkan memiliki kemampuan berbicara dengan pengucapan yang jelas dan benar.

Namun, tidak sedikit juga orang yang mempelajari bahasa Inggirs terlalu terpaku dengan adanya tata bahasa/grammar yang sering kali membuat sebagian dari mereka enggan meneruskan perjuangannya mempelajari bahasa internasional yang satu ini.

Ketika kita berkomunikasi dengan orang lain kefasihan dalam pengucapan sangat dibutuhkan agar dapat dimengerti oleh lawan bicara apalagi yang digunakan adalah bahasa Inggris yang mana bukan bahasa ibu kita.

Dengan demikian pengucapan dalam sebuah bahasa memilikin peran khusus agar dapat terjalinya komunikasi yang baik. Oleh karena itu, menentukan metode balajar sesuai merupakan pilihan yang bijak.

Menggunakan lagu sebagai media melatih kemampuan bahasa inggris merupakan salah satu metode yang tedengar biasa namun cukup efektif.

Lagu bukan hanya sebuah hiburan yang menyenangkan, tetapi juga merupakan cara yang efektif untuk mempelajari kata, frasa, dan idiom bahasa Inggris serta untuk mempertajam kemampuan mendengarkan (listening) dan pengucapan (pronounciation).

Lagu juga lebih fleksibel daripada media hiburan lainnya, seperti menonton film, sehingga dapat dikatakan lagu lebih memiliki keunggulan dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Selain itu, ada beberapa kelabihan ketika kita belajar bahasa Inggris menggunakan lagu rap:

Lagu rap menggunakan bahasa yang update

Struktur bahasa yang digunakan pada lagu rap sangat mengikuti zaman dimana kerap kali kita menamukan kosakata dan slang/idiom yang belum kita ketahui. Tentu saja ini dikarenakan pendengar lagu rap biasanya kalangan anak muda yang biasanya menggunakan bahasa terbaru.

Mempelajari Reduce Form

Reduce form merupakan teknik pengnggabungkan dua atau lebih suku kata menjadi satu bunyi, teknik ini membuat bahasa Inggris terdengar lebih baik dan jauh lebih natural. Native speaker secara alami menggunakan tekning ini sehingga terkadang kita sulit memahami apa yang mereka katakan.

Contoh reduce form: let me = lemme, got to = gotta, them=’em, want to= wanna dst.

Mempelajari budaya english

Ketika kita belajar bahasa Inggris menggunakan lagu berbahasa Inggris kita tidak hanya belajar kemampuan berbahasa tetapi juga budayanya. Lagu memberikan kita wawasan tentang bagaimana orang barat berkomunikasi dan bagaimana mereka berpikir.

Membiasakan telinga

Mendengarkan lagu juga akan memungkinkan telinga kita untuk fokus pada pengucapan dan pemahaman tentang ritme, nada, dan ketukan bahasa Inggris. Banyak kata dan pola suara dalam sebuah lagu yang berulang dan ini membuatnya lebih mudah untuk melekat di ingatan kita.

Belajar bahasa Inggris pada dasarnya tidak sesulit apa yang dikatakan orang-orang. Buktinya, banyak orang yang berhasil menggunakan cara seperti ini.

Sebagian orang beranggapan bahwa mendengarkan lagu rap hanyalah kebiasaan yang menyenangkan akan tetapi ketika mereka mampu menyanyikan beberapa bait lagu mereka sudah meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka secara tidak langsung. (*)

 

Penulis : Muhammad Rafli, Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Ahmad Dahlan FKIP, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta