Pentingkah Belajar Bahasa Inggris Saat Ini?

Selasa, 19 Juli 2022 - 20:37:54


Teddy Prasetia
Teddy Prasetia /

Dalam era globalisasi seperti saat ini, bahasa Inggris mengambil peran penting karena menjadi bahasa Internasional yang digunakan untuk berkomunikasi antarnegara.

Kita juga bisa belajar bahasa Inggris dengan mudah dengan cara membaca, menulis hingga mendengar, dengan adanya perkembangan ilmu teknologi juga menjadi cara lain untuk belajar bahasa inggris, seperti translate hingga kamus online.

Namun dengan segala kemudahan yang ada, masih banyak orang yang tidak menyadari bahkan tidak mau memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan literasi dalam bahasa inggris, mengapa bahasa Inggris penting di era sekarang ini? Berikut beberapa alasan mengapa bahasa inggris penting di era sekarang.

Pertama, banyak Informasi di Media Luar Negeri

Dengan adanya smartphone kita dapat mengakses internet hingga ke luar negeri! Banyak informasi yang ada di luar sana dan belum diterjemahkan ke bahasa Indoensia sehingga kita harus membacanya dengan bahasa Inggris.

Mengapa demikian? Karena bahasa inggris merupakan bahasa Resmi di 53 negara diwilayah Amerika dan Eropa, sehingga di beberapa wilayah memang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Anda bisa mendapatkan banyak sekali informasi dari 53 negara tersebut.

Kedua, Bahasa yang sering muncul di Internet

Tentu dengan berkembangnya globalisasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) membuat Bahasa Inggris menjadi bahasa yang tersebar di Internet, hampir seluruh aplikasi seperti Instagram, Whatsapp, Twitter dan lain-lain menggunakan bahasa Inggris untuk tampilan awalnya. Sehingga kita dituntut untuk membaca seluruh tampilan, isi, hingga pengaturan aplikasi-aplikasi tersebut dengan bahasa Inggris.


Ketiga, Bahasa Inggris itu Menyenangkan.

Mengapa bahasa Inggris itu menyenangkan? Karena kita dapat banyak sekali informasi baru, seperti budaya bahasa Inggris yang berbeda dengan bahasa Indonesia.

Mungkin kita akan menemukan banyak kosakata yang baru dalam bahasa Inggris. Kita juga bisa bergabung dengan komunitas di luar negeri sesuai dengan bidang apa yang kita sukai, sehingga menciptakan relasi serta teman baru.

Keempat, Bahasa Inggris mudah dipahami

Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang mudah dipahami karna abjad yang digunakan sama seperti bahasa Indonesia yaitu A-Z, tidak seperti bahasa Russia yang sulit untuk dipahami, bahasa Inggris justru kebalikannya.

Namun kita tidak boleh menyepelekannya, karena salah pengucapan di dalam bahasa Inggris bisa saja berbeda maknanya jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Masih banyak lagi manfaat serta keuntungan jika kita mempelajari bahasa Inggris, bahasa inggris merupakan bahasa yang sangat penting di era globalisasi seperti saat ini.

Kita sebagai calon penerus bangsa patutnya mempelajari bahasa ini guna memajukan bangsa dan negara kita serta memperkuat hubungan dengan negara lain.(*)

 

Penulis: Teddy Prasetia, Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta