PD IWO Sarolangun Kemas HUT Ke-10 Go To Kampus Sosialisasi UU ITE

Minggu, 28 Agustus 2022 - 13:13:51


HUT IWO Indonesia ke-10, PD IWO Kabupaten Sarolangun kedepankan edukasi untuk generasi anti hoax di era digital
HUT IWO Indonesia ke-10, PD IWO Kabupaten Sarolangun kedepankan edukasi untuk generasi anti hoax di era digital /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN-Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Wartawan Online (IWO) Indonesia ke-10, Pengurus Daerah (PD) IWO Kabupaten Sarolangun kedepankan edukasi untuk generasi anti hoax di era digital.

Langkah ini dilakukan PD IWO Sarolangun selaras dengan mengadakan kegiatan diskusi ilmiah tentang UU Nomor 11 Tahun 2008. Ini berkaitan dengan Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Informasi Tekhnologi, Sosialisasi Anti Hoax dan Kejurnalistikan berlangsung pada Sabtu (27/08) di Kampus STAI Darul ‘Ulum Sarolangun.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cahyono. Selain itu dihadiri Penjabat Bupati Sarolangun yang diwakili Staf Ahli Bupati Ramawi, Ketua STAI Darul ‘Ulum Dr Mawardi, Penjabat Ketua PW IWO Provinsi Jambi Erwin Majam, Ketua PD IWO Sarolangun Husnil Aqili, S.Pd.I.

Hadir juga Kasat Reskrim Polres Sarolangun AKP Rendie Rienaldy, Kabid TIK Diskominfo Sarolangun Muhammad Fakhri, Sekretaris BKPSDM Sarolangun Akhyar Mubarrok, Camat Bathin VIII Aryo L Fajrin, S.IP, Kapolsek Bathin VIII AKP Yawan, Jajaran Pengurus IWO Sarolangun, Sejumlah Organisasi Kepemudaan dan Kemahasiswaan, serta puluhan mahasiswa dan pelajar dari berbagai lembaga pendidikan di Sarolangun.

Sambutan Ketua PD IWO Sarolangun, Husnil Aqili melantunkan ucapan terima kasih kepada segenap jajaran pengurus daerah IWO Sarolangun yang telah secara bersama-sama memberikan pemikiran dan kekompakan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

"Terimakasih pak Kapolres, PJ Bupati Sarolangun terkhusus ketua STAI Darul ‘Ulum Sarolangun yang menyambut kegiatan ini untuk dilaksanakan di kampus, artinya hari ini IWO Sarolangun Go To Kampus,”sebutnya.

Menurut Husnil Aqili, jika selama perjalanan roda organisasi IWO Indonesia khususnya PD IWO Sarolangun  dihadapi dengan tantangan di lapangan, namun keberadaan IWO ini sangat urgen ditengah masyarakat, bagaimana menyajikan informasi secara kredibel, faktual dan tidak mengandung berita hoax.

"IWO melaksanakan kegiatan HUT ini dikemas dengan kegiatan sosialisasi undang-undang ITE dan anti Hoax serta terkait Kejurnalistikan, karena sangat penting bagi masyarakat luas. Kami juga berharap para mahasiswa agar dapat memberikan edukasi bagi masyarakat,"paparnya.

“Saya mengamati terus, bahwa hari ini banyak informasi yang tidak jelas dan dapat memecah belah bangsa, khususnya di media sosial. Peran media online hari ini sangat penting dalam rangka menangkap informasi yang bersifat hoax di tengah masyarakat,” kata dia menambahkan.

Tepisah, Ketua STAI Darul ‘Ulum Sarolangun, Mawardi menyambut kegiatan yang diselenggarakan oleh PD IWO Sarolangun ini dengan kegiatan diskusi ilmiah bagi para mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Kabupaten Sarolangun dan pelajar di Sarolangun, serta sejumlah OKP di Kabupaten Sarolangun.

"Harapan kami dengan adanya kegiatan ini, semoga bisa menambah wawasan bagi kita semua tentunya dalam rangka pemahaman terhadap UU ITE, IT, anti hoax dan kejurnalistikan. Kami juga di kampus merespon untuk menambah program studi untuk fokus ke bidang jurnalistik. Saya berharap IWO Sarolangun memang benar-benar berpihak kepada kebenaran dan kebohongan adalah musuh kami,” katanya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Sarolangun Ramawi juga mengucapkan selamat ulang tahun IWO Indonesia ke-10, dengan melaksanakan kegiatan yang sangat positif oleh PD IWO Kabupaten Sarolangun.

Menuruitnya, IWO tentunya saat ini telah menjadi salah satu mitra pemerintah dan telah banyak berkontribusi dalam program pembangunan dalam rangka menyampaikan informasi melalui pemberitaan di media online, serta melakukan pengawasan terhadap pembangunan daerah.

"Namun perlu diketahuinya, makin lama media online makin luas dan menghasilkan peminat yang luas. Pemkab Sarolangun berharap agar terus meningkatkan kapasitas dan kualitas serta dapat mengedukasikan generai muda untuk menumbuhkan budaya menulis,” katanya.

Iapun mengharapkan agar rekan-rekan wartawan online untuk menulis pemberitaan itu secara profesional dan proporsional dalam melaksanakan pemberitaan sesuai dengan fakta sehingga masyarakat tida resah dan bingung.

"Ini merupakan kegiatan positif yang dilakukan oleh IWO Sarolangun dalam upaya peningkatan mutu jurnalistik itu sendiri. Pemkab Sarolangun mengucapkan penghargaan dan terima kasih yang tulus dalam melaksanakan pemberitaan positif dengan memerangi hoaks,"ucapnya

Kapolres Sarolangun, AKBP Anggun Cahyono mengatakan, bahwa tugas dan fungsi jurnalis sudah diatur dalam UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers, dan wartawan merupakan salah satu pilar demokrasi di Indonesia.

Kapolres mengharapkan agar wartawan online yang ada di Kabupaten Sarolangun untuk tetap konsisten menjalankan amanah undang-undang tersebut dengan profesional, serta menjadi salah satu elemen masyarakat dalam mengingatkan kearah kebaikan.

"Sesuai dengan nama Sarolangun, yakni untuk sama-sama bergotong royong dalam rangka melanjutkan pembangunan. Ini salah satu peran media untuk saling mengingatkan dalam kebaikan, maka saya mengajak kepada kita sama-sama untuk melaksanakan kebaikan,”tuturnya..

Kapolres juga menambahkan, jika indeks Kemerdekaan Pers di Provinsi Jambi berada pada peringkat nomor dua se-indonesia dengan nilai 83,68 berdasarkan dari dewan pers, tentu ini sebagai bentuk dukungan dari semua pihak bagaimana seorang jurnalis ini dapat menjalankan tugas dengan baik dan profesional.

“Artinya kemerdekaan berbicara di Provinsi Jambi sangat tinggi dan nomor satu se-Sumatera. Saya harapkan adik-adik semua sebagai civitas akademika yang lebih paham dan melek tekhnologi, jadilah sebagai pelopor. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim kegiatan diskusi ilmiah UU ITE, IT, Anti Hoax dan Kejurnalistikan secara resmi saya nyatakan dibuka,”tambahnya.

Disela kegiatan tersebut juga dilakukan pemotongan nasi tumpeng oleh Ketua PD IWO Sarolangun Husnil Aqili bersama Penjabat Ketua PW IWO Jambi Erwin Majam, Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cahyono, Staf Ahli Bupati Ramawi, dan Ketua STAI Darul ‘Ulum Sarolangun Mawardi.

Kegiatan diakhiri dengan diskusi ilmiah dengan pemaparan materi dari yang berkompeten, meliputi materi UU ITE dan Anti Hoax oleh Kasat Reskrim Polres Sarolangun AKP Rendie Rienaldy, Informasi dan Tekhnologi oleh Kabid TIK Diskominfo Sarolangun Muhammad Fakhri dan Penjabat Ketua IWO Provinsi Jambi Erwin Majam tentang materi Kejurnalistikan yang berlangsung dengan sukses.


PENULIS: CHARLES RANGKUTI
EDITOR: ANSORY S