Ratusan Rumah Warga Sungai Penuh Diterjang Banjir

Rabu, 09 November 2022 - 20:40:38


Tampak Ketua DPRD KOTA SUNGAIPENUH, H. Fajran,SP MSi saat mengunjungi rumah warga
Tampak Ketua DPRD KOTA SUNGAIPENUH, H. Fajran,SP MSi saat mengunjungi rumah warga /

Radarjambi.co.id-SUNGAI PENUH - Ratusan rumah warga di wilayah Kota Sungaipenuh diterjang banjir, Selasa(8/11/2022) malam.

Kecamatan Koto Baru, Kota Sungai Penuh terendam banjir, Selasa (8/11/2022) malam.

Dampak terparah terjadi beberapa desa seperti di Desa Dujung Sakti, Permai Indah, dan Koto Limau Manis Kecamatan Koto Baru.

Selain itu, banjir beberapa rumah warga didesa Koto Lolo Kecamatan Pesisir bukit. Bahkan banjir juga merendam masjid di Desa Koto Lolo. Dibeberapa rumah warga ketinggian debit air mencapai pinggang orang dewasa.

"Seumur dunia belum pernah masjid tiga desa koto lolo (Koto Lolo, Koto Tengah, dan Koto Bento) di landa banjir, semenjak jalan tol (katanya) masjid kami di landa banjir, siapa yg paling bertanggung jawab ini," tulis warga Koto Lolo, Eka Yanti Putri diakun facebooknya.

Banjir tersebut mendapat perhatian dan tinjauan dari ketua DPRD Kota Sungai Penuh Fajran.

Ketua DPRD Kota Sungai Penuh diakun facebooknya menulis. "Dini hari, saya memantau langsung dengan turun kelokasi di desa dujung sakti kecamatan kota baru. Rusak/jebolnya tanggul di desa dujung sakti mengakibatkan Banjir dan meluapnya air dari bandar sungai liuk ke pemukiman masyarakat," 

"Untuk di ketahui irigasi di Dujung Sakti memiliki fungsi untuk membagi dan menahan aliran air dari bandar sungai liuk agar mengalir ke sungai kedano dan tidak meluap ke pemukiman masyarakat," tulisnya.

"Salah satu warga atas nama ibu sintia di jalan baru desa Dujung Sakti terkena dampak langsung yang paling parah dari musibah banjir ini. Saya juga langsung menghubungi BPBD Kota Sungai Penuh untuk segera melakukan penanganan awal terlebih dahulu" tulis Fajran yang juga ketua DPC Demokrat Sungaipenuh.(mko/akd)