Pinto: Objek Wisata dan Situs bersejarah Jambi kurang terekspos

Sabtu, 03 Desember 2022 - 13:02:33


Pinto Jayanegara Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi
Pinto Jayanegara Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi /

RADARJAMBI.CO.ID-Wakil ketua DPRD Provinsi Jambi Pinto Jayanegara mengapresiasi kedatangan Jurnalis internasional ( Volkskrant (Belanda), Xinhua (China), CNA (China), VNA (Vietnam), Reuters (Global), Kompas, dan TVRI World) berkunjungan ke Provinsi Jambi khususnya di Kabupaten Muaro Jambi. 

Kunjungan media internasional ini dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2022 yang bertujuan untuk membawa informasi Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muaro Jambi ke mancanegara. 

Selain itu, para jurnalis dari berbagai negara tersebut dapat melihat secara langsung kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di asia tenggara, dengan luas 3981 hektar.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dan teknis lapangan sebagai fasilitator dibantu oleh Historia.id. 

Politisi Muda Jambi Pinto sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini dikarenakan Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muaro Jambi telah ditetapkan menjadi Kawasan Strategis Nasional (KSN) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional.

Lebih lanjut Pinto menyampaikan bahwa Provinsi lain untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) salah satunya adalah mengandalkan objek pariwisata. Apalagi objek wisata kita di Provinsi Jambi melimpah namun kurang dipromosikan.

"Sepatutnyalah memang kegiatan seperti ini sebaiknya dilakukan secara rutin sehingga KCBN dapat diketahui masyarakat luas, tidak hanya dikenal dalam negeri saja, namun sampai ke mancanegara. Saya juga meminta agar Dinas Pariwisata bisa lebih semangat lagi dalam mempromosikan objek wisata Jambi ke wisatawan asing." Tambah Pinto

Ia berharap dengan adanya kegiatan sepertinya, Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muaro Jambi dapat di promosikan ke seluruh dunia. Maka dengan begitu, dapat meningkatkan PAD dan wisatawan yang datang ke Provinsi Jambi.(*)