Cita-Cita

Minggu, 01 Januari 2023 - 21:07:34


Hilda Azizah
Hilda Azizah /

Radarjambi.co.id-Setiap orang pasti memiliki ciita-cita atau keingin yang ingin dicapai dan diwujudkan.

Tentunya setiap orang memiliki beragam cita-cita, mulai dari ingin menjadi dokter, polisi, guru, penyanyi pelukis bahkan di zaman sekarang banyak yang memiliki cita-cita menjadi seorang youtuber atau tiktikers.

Lalu apa sih cita-cita itu ? Mulai dari kecil kita sudah diberi pertanyaan mengenai cita-cita, lalu ketika bingung ingin menjadi apa, orang-orang disekitar kita atau orang yang bertanya akan menjelaskan tentang cita-cita itu apa.

Setelah seorang anak memahami apa yang menjadi cita-citanya, maka dengan bangganya mereka akan menceritakan pada teman-temannya. Jadi cita-cita adalah keinginan, harapan yang ingin di wujudkan dikemudian hari.

Seseorang harus memiliki cita-cita karena dengan memiliki cita-cita tentunya akan memiliki semangat belajar dan memiliki tujuan dalam hidup.

Dengan memiliki tujuan seseorang akan mudah terarah dalam menggapai keinginannya, seseorang yang sudah memiliki cita-cita yang ingin diwujudkannya, mereka akan menyusun trategi untuk mewujudkan cita-citanya.

Seperti orang yang ingin menjadi dokter maka mulai dari sekolah dasar mereka sudah terbiasa rajin belajar dan menyukai tentang sains atau bagi orang yang bercita-cita ingin menjadi guru meraka akan terstruktur mengikuti alur atau tahapan bagaimana menjadi seorang guru.

Ketika memilih sekolahpun tentunya sudah mulai mengikuti alur untuk mewujudkan cita-cita. Namun, tentunya dalam menggapai impian atau cita-cita tentunya tidak segampang yang dipikirkan.

Harus ada pengorbanan waktu, harta dan tenaga. Setiap menumpuh perjalan dalam meraih cita-cita jika mengalami kegagalan itu merupakan hal yang biasa agar lebih bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi.

Mengalami kesedihan dan kekecewaan hadapilah dengan sebuah kesabaran dan memperbaiki diri kearah yang lebih baik untuk menggapai cita-cita.

Jangan menyerah dalam mengwujudakan apa yang ingin kita wujudkan karena sebuah keberhasilan tanpa proses yang panjang dan sebuah perjuangan tentunya hal yang tidak bisa dihindari.

Mau seberapa hebat orang di dunia ini pasti mereka pernah mengalami kegagalan dan kekecewaan dalam mewujudkan cita-citanya.

Tetapi mereka bisa menunjukan bahwa dari setiap kegagalan yang diperbaiki maka akan mewujudkan sesuatu yang luar biasa dan bisa bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Jadi jangan pernah patah semangat untuk mengwujudkan cita-cita, mungkin setiap orang memiliki proses yang berbeda dalam mewujudkan cita-cita.

Namun, percayalah setelah ada pengorbanan, perjuangan, berdoa dan bersungguh-sungguh dalam menggapai cita-cita maka akan menggahasilkan hal yang begitu indah.

Percayalah setiap proses yang baik akan menghasilkan hasil yang baik. Jadi semangatlah dalam mengwujudkan cita-cita menjadi nyata. (*)

 

 

Penulis :  Hilda Azizah , mahasiswi dari UAD