Lepas Siswa Prakerin, SMKN 1 Tebo Sarankan Ortu Bekali Anaknya Dengan BPJS Ketenagakerjaan

Selasa, 10 Januari 2023 - 23:23:26


Kepala SMKN 1 Tebo didampingi ketua Komite dan majelis guru saat rapat dan melepas anak didik yang berangkat Prakerin
Kepala SMKN 1 Tebo didampingi ketua Komite dan majelis guru saat rapat dan melepas anak didik yang berangkat Prakerin /

Radarjambi.co.id-TEBO- Seringnya terjadi kecelakaan yang dialami siswa saat mengikuti Praktek Kerja Industri (Prakerin), mendapatkan perhatian khusus dari SMKN 1 Tebo dan menghimbau kepada orang tua siswanya untuk membekali anaknya dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Hal tersebut disampaikan oleh kepala SMKN 1 Tebo, Ramayani, M.Pd saat melepas siswanya yang akan berangkat mengikuti prakerin Senin (9/1) di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang menjadi mitra SMKN 1 Tebo selama 5 bulan sesuai jurusan masing-masing.

"Tujuan prakerin ini agar siswa lebih siap bekerja dilapangan dan juga dapat mempraktekkan teori dan ilmu yang didapat dari sekolah, serta meningkatkan kemampuan dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) lulusan SMK untuk mampu bekerja di bidangnya masing-masing,"terang Ramayani usai kegiatan.

Dikatakannya lagi selama melaksanakan prakerin, siswanya magang di Dudi yang menjadi mitra SMKN 1 Tebo.

"Karna sudah memasuki dunia kerja, siswa ini magang, bukannya menjadi karyawan dari Dudi tempatnya magang, dan untuk mengantisipasi jika terjadinya kecelakaan kerja saat prakerin, kami menghimbau orang tua siswa untuk membekali anaknya dengan BPJS ketenagakerjaan saat melaksanakan prakerin ini,"lanjut Ramayani lagi.

Dihadapan orang tua siswa yang anaknya akan melaksanakan prakerin dan komite SMKN 1 Tebo, Ramayani mengatakan membekali anaknya dengan BPJS Ketenagakerjaan akan meringankan beban orang tua siswa ketika terjadi kecelakaan kerja.

"Kita tidak berharap anak kita mendapatkan musibah kecelakaan kerja, tapi kita juga perlu mengantisipasi jika hal tersebut terjadi, bagaimana beban orang tua tidak berat, karna kecelakaan kerja sudah dicover oleh BPJS ketenagakerjaan nantinya,"tutup Ramayani.(yan/akd)