Melalui Proses dan Kajian, PJ Bupati Sarolangun Lantik 18 Pejabat Eselon II

Senin, 10 April 2023 - 22:52:30


Suasana pelantikan
Suasana pelantikan /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN - Tindak lanjut atas assessment terhadap Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama atau pejabat eselon II setara dengan Kepala Dinas (Kadis), Kaban, Asisten dan Staf Ahli.yang digelar Pemkab Sarolangun pada Desember 2022 lalu, Pejabat Bupati (PJ) Bupati Sarolangun, Henrizal melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji terhadap 18 Kepala OPD.

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji terhadap belasan pejabat eselon II yang bekerja di lingkungan Pemkab Sarolangun yang dihelat di ruang pola Pemkab Sarolangun pada Senin (10/04), siang. Ini merupakan pelantikan pertama kali dilakukan oleh PJ BupatI Henrizal selama memimpin Kabupaten Sarolangun pasca dilantik oleh Gubernur Jambi pada Minggu 22 Mei 2022.

Pelantikan jilid I yang dilakukan PJ Bupati Henrizal, menggambarkan bahwa bakal ada pelantikan lanjutan jilid II yang diarahkan kepada pejabat eselon III dan IV.

Berdasarkan data yang dirangkum Radarjambi.co.id, tercatat sebanyak 18 pejabat eselon II yang dilantik dan diambil sumpah/janji. Sementara itu, terdeteksi 17 jabatan eselon II dilakukan perombakan alias dirotasi. 

Adapun satu pejabat eselon II yang dilakukan perpanjangan jabatan, yakni Kepala Dinas PMD Kabupaten Sarolangun Mulyadi, S.Sos

PJ Bupati Sarolangun Henrizal mengatakan, pelaksanaan rotasi jabatan bagi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama sudah melalui proses yang panjang sejak bulan Desember 2022 lalu, para pejabat eselon II dilakukan assessment.

"Setelah assessment barulah kemudian diproses ke KASN dan BKN, dan tentunya rotasi dan mutasi sudah melalui kajian dalam rangka meningkatkan program kegiatan khususnya yang ada di renja dinas masing-masing,” katanya.

Henrizal berharap agar para pejabat untuk dapat beradaptasi dengan baik dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, serta dapat melakukan inovasi dalam menunjang kinerja OPD masing-masing.

”Saya ucapkan selamat kepada pejabat yang dilantik ini semoga dapat bekerja dan berinovasi dalam melaksanakan tugas untuk kepentingan Kabupaten Sarolangun. Pejabat yang dilantik untuk segera melakukan serah terima jabatan, aset, personil dan segala macam yang berkaitan dengan pejabat yang baru,” katanya.

Berdasarkan SK Bupati Sarolangun nomor 126/BKPSDM/2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan PNS jabatan pimpinan tinggi Pratama di lingkungan Pemkab Sarolangun, 17 Pejabat eselon II yang dilakukan rotasi jabatan tersebut diantaranya Helmi, SH, MH dilantik sebagai Kadis Sosial yang sebelumnya menjabat sebagai kadis Dikbud Sarolangun, dan Kadis Dikbud Sarolangun saat ini dijabat oleh H M Arsyad, SH, M.Pd. yang sebelumnya menjabat sebagai Kadis Damkar Sarolangun, sedangkan H Juddin, dilantik sebagai staf ahli Bupati bidang kemasyarakatan dan SDM yang sebelumnya sebagai Kadis Sosial Kabupaten Sarolangun.

Selain itu, H Muhammad, S.Ag juga dirotasi dari jabatan Kepala Bappeda Sarolangun menjadi staf ahli Bupati Sarolangun bidang ekonomi pembangunan, dan Ramawi, SE, MM yang jabatan lama sebagai staf ahli Bupati bidang ekonomi pembangunan kini menduduki jabatan baru sebagai Asisten Bupati bidang ekonomi menggantikan Deshendri, SH yang dilantik sebagai Kadis Nakertran Kabupaten Sarolangun.

H A Waldi Bakri, S.IP, S.Sos, MM yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BKPSDM Sarolangun dirotasi untuk menduduki jabatan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Sarolangun yang sebelumnya mengalami kekosongan Kepala DPAD yang lama Ali Amri telah memasuki masa purna tugas.

dr Irwan Mizwar dirotasi untuk menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Sarolangun, yang dilakukan pergantian atau change dengan Bambang Hermanto, S.KM, MM yang pindah jabatan sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun.

Emalia Sari yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BPKAD Sarolangun kini dilantik sebagai Kepala BPPRD Sarolangun, menggantikan H Saipullah, S.Sos, MH yang pindah menjabat sebagai Kadisparpora Sarolangun, sedangkan H Kasiyadi, yang sebelumnya sebagai Kadisparpora Sarolangun dilantik sebagai Kepala BPKAD Sarolangun.

Jabatan Kasat Pol PP juga dilakukan pergantian dari sebelumnya dijabat oleh Drs Muslihadi, saat ini dijabat oleh Drs Muhammad Idrus yang sebelumnya sebagai kadis Kominfo Sarolangun dan Muslihadi pindah sebagai Kadis Perindagkop, UMKM, dan Trianto, S.IP, ME yang sebelumnya sebagai Kadis Perindagkop, kini dilantik sebagai Kadis Damkar Sarolangun.

Jabatan Kadis Kominfo Sarolangun saat ini dijabat oleh Ahmad Nasri, SH, yang sebelumnya sebagai Kepala DPMPTSP Sarolangun, yang mana saat ini dijabat oleh Syahrudin, SE, MM, dari jabatan lamanya sebagai Kadis Perhubungan dan Untuk jabatan Kadis Perhubungan terjadi kekosongan jabatan.

Pasca rotasi jabatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sarolangun dibawah kepemimpinan Penjabat Bupati Sarolangun, Henrizal, S.Pt, MM, ada tiga jabatan yang saat ini terjadi kekosongan. Diantaranya, jabatan Kepala Bappeda dan Jabatan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sarolangun dan jabatan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sarolangun.

Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal mengatakan untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut kedepan akan dilakukan seleksi terbuka (Selter) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama. Namun, menjelang pelaksanaan seleksi terbuka tersebut akan dilakukan pengisian jabatan Pelaksana Tugas (Peltu) agar roda pemerintahan tetap berjalan dengan baik.

”Ada tiga yang kosong itu, kepala BKPSDM, kepala Bappeda dan kepala dinas perhubungan. Dalam waktu dekat ini kita akan buka open biding, menjelang itu selesai itu kita akan PLT kan,” katanya,

Sementar itu, terkait dengan pelaksana tugas (Peltu) jabatan yang kosong tersebut, Henrizal menjelaskan akan mengambil dari pejabat yang ada di Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sarolangun, ataupun pejabat eselon III yang menduduki jabatan Sekretaris di OPD yang kosong.

” Kekosongan bisa diambil alih dari Setda, seperti asisten atau bisa juga staf ahli Bupati serta Sekretaris dari pada OPD yang kosong,”tandasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, Jajaran forkompinda Kabupaten Sarolangun, Para staf Ahli Bupati dan Asisten Setda Sarolangun, Para Kabag dan para kepala OPD dilingkungan Pemkab Sarolangun serta tamu undangan lainnya.

 

PENULIS: CHARLES R
EDITOR: ANSORY S