Fasha Melakukan Panen Cabai Sebagai Upaya Pengendalian Inflasi di Kota Jambi

Selasa, 11 April 2023 - 11:51:51


/
 
 
Radarjambi.co.id-Wali Kota Jambi Syarif Fasha melakukan panen raya cabai di lahan milik Kelompok Tani Sumber Makmur RT 29, Kelurahan Kenali Asam, Kecamatan Kotabaru. Senin (11/4).
 
Panen raya cabai ini merupakan bagian dari program pengendalian inflasi Kota Jambi yang di canangkan Pemkot Jambi dalam program gerakan payo menaman cabai.
 
Fasha menympaikan bahwa beberpa bulan yang lalu Pemkot Jambi memberikan bantuan bibit cabai hingga pupuk untuk mengendalikan laju inflasi selama lebaran 2023.
 
"Tanaman cabai itu memang digalakan untuk pengendalian inflasi di Kota Jambi," ujarnya.
 
Fasha mengatakan juga mengatakan bahwa belakangan sinergitas bersama kelompok tani dan Forkopimda, Pemkot Jambi dapat mengatasi masalah inflasi, karena memang salah satu penyumbang inflasi terbesar di Kota Jambi adalah cabai.
 
Cabai yang ditanam ini, sama seperti cabai yang dijual di pasaran dan sama seperti di pulau jawa. Panen ini juga dilakukan serentak di tiga kecamatan lainnya dalam Kota Jambi.
 
"Ini panen serentak di empat kecamatan. Seperti di Kotabaru, Telanaipura, Alambarajo dan Danau Teluk. Di Kotabaru ada 7 hektare, yang dipanen ada sekitar setengah hektare," katanya.
 
Jika diakumulasikan, sebut Fasha total cabai yang dipanen bisa mencapai 4 ton. Fasha berharap, Kota Jambi kedepan tidak lagi terindikasi untuk inflasi tinggi. 
 
Pemkot Jambi kata dia, telah memonitor yang diprediksi akan meningkat dan menyumbang inflasi. Juga sudah menyiapkan sartegi operasi pasar apabila terjadi kenaikan saat akhir tahun ini.
 
"Kami menginventaris jika ada lahan kosong akan ditanam cabai menggunakan peralatan dari pertanian dan juga meminta bantuan Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas untuk bersama-sama membantu petani menanam cabai. Bibit dan pupuk disiapkan," pungkasnya.(ria/akd).