Kombucha Sebagai Minuman Fermentasi Masa Kini

Senin, 06 November 2023 - 11:36:11


/

Radarjambi.co.id-Kombucha adalah minuman sehat yang banyak kita jumpai dipasaran. Kombucha termasuk jenis minuman fermentasi perpaduan dari teh dan gula yang ditambahkan dengan bahan scoby (symbiotik culture of bacterya and yamst)biasa dikenal biang berisikan ragi yang baik bagi tubuh. Kombucha banyak sekali manfaatnya bagi tubuh karena proses fermentasinya.

Kombucha disebut minuman gerbang karena dapat meningkatkan kesehatan seperti memberi keseimbangan pada tubuh. Kombucha juga bisa digunakan untuk diet jenis apa pun.

Dikutif dari https://ejurnal.unisri.ac.id Kombucha memiliki banyak manfaat untuk diet seperti menurunkan kadar glukosa, meningkatkan metabolisme, meningkatkan stamina dan menghilangkan stres. Kombucha juga baik bagi pencernaan karena meningkatkan keasaman usus.

Kombucha juga memiliki manfaat lain seperti mendukung nutrisi dan pencernaan serta dukungan kekebalan tubuh. Kombucha juga bisa melakukan detoksifasi karena membantu menghilangkan detoksifasi dengan cara menghilangkan radikal bebas yang merusak jaringan atau menyebabkan pembentukan tumor.

Kombucha juga bisa menjadi topika adaptogenik yaitu ramuan alami yang tidak beracun yang mengandung keseimbangan.

Pembuatan Kombucha pun bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan teh, gula maupun jus buah-buahan.

Adapun cara pembuatan kombucha dikutif dari buku The Big Book of Kombucha dengan ekstrak teh yang dipanaskan kemudian di saring lalu dicampur dengan gula pasir sebanyak 10% volume dari air seduhan kombucha yang sudah dipanaskan.

Setelah itu didinginkan dan ditutup dengan kain yang bersih. Lalu kombucha di diamkan sampai suhu teh nya 27 celcius. Jika sudah dingin kombucha dipindahkan ke dalam toples kemudian ditambahkan inokulasi.

Setelah inokulasi di masukkan selanjutnya biarkan kombucha selama 30 menit dulu di udara yang bebas. Setelah itu tutup kembali toples dengan kain atau kertas yang bersih agar proses fermentasi terjadi.

Fermentasi pada kombucha biasanya berlangsung sekitar 8-12 hari dengan catatan temperatur teh tidak boleh berada dibawah 68 fahrenheit. Kombucha saat proses fermentasi tidak boleh terkena sinar matahari.

Kombucha sama seperti minuman lainnya yang memiliki umur simpan, kombucha juga memiliki umur simpannya sendiri. Berbeda cara penyimpanannya maka berbeda pula kombucha bisa bertahan.

Kombucha yang diletakkan di suhu kamar hanya memiliki umur simpan selama 28 hari, namun berbeda dengan kombucha yang disimpan di dalam kulkas maka waktu penyimpanannya lebih lama, yaitu selama 55 hari.

Tetapi mengonsumsi kombucha harus mempunyai batasannya karna jika diminum secara berlebihan kambucha bisa menjadi minuman yang tidak sehat lagi.(*)

 

 

Penulis : Aini dan Aulia maharani mahasiswa Teknologi Pangan Universitas
Ahmad Dahlan