BPS Kota Buka Loker Bagi 950 Petugas Sensus

Kamis, 28 Januari 2016 - 13:49:10


Ilustrasi
Ilustrasi /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Jambi di tahun 2016 ini akan membuka Lowongan Kerja (Loker), bagi petugas sensus untuk mendata semua sektor usaha perekonomian di Kota Jambi.Tidak tanggung-tanggung yang akan diterima mencapai 950 orang.

P Marpaung, Kepala BPS Kota Jambi, mengatakan BPS telah membuka pendaftaran untuk petugas sensus, yakni dengan menerima berkas calon petugas sensus. Selanjutnya, peserta yang lolos berkas akan mengikuti proses seleksi dengan mekanisme wawancara.

Menurutnya, rekrutmen dilakukan dengan pengumuman terbuka. Salah satu syarat bagi calon pelamar, adalah harus berdomisili di Kota Jambi.

“Kalau misalkan KTP-nya luar kota Jambi, calon pelamar harus menyertakan surat keterangan berdomisili di Kota Jambi,"kata Marpaung.

Selain syarat harus berdomisili di Kota Jambi, Marpaung menyebutkan, untuk jenjang pendidikan peserta minimal SMA sederajat. Bahkan yang berusia lanjut masih boleh ikut seleksi, karena usia maksimal pelamar adalah 50 tahun.

"Juga ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi pelamar, yakni harus profesional, bertanggung jawab, berdedikasi, serta jujur. Nantinya akan diseleksi dengan mekanisme yang berlaku," ujarnya.

Dikatakannya lagi, setelah proses seleksi selesai, bagi calon petugas tersebut, calon petugas akan diberikan pelatihan yang dilakukan pada bulan Maret-April 2016. Terkait dengan status para petugas sensus ekonomi ini, adalah kontrak selama satu bulan, yang nantinya akan diberikan fasilitas dan mendapat honor mencapai Rp 2,9 juta.

“Petugas sensus ini mendapatkan fasilitas yang disediakan, yakni berupa konsumsi dan tempat pelatihan gratis dan juga mendapatkan fasilitas seragam seperti tas, rompi, buku, dan topi,"pungkasnya.

Reporter: Chandra
Editor: Gustav