Anggaran UN Belum Selesai Dibahas

Kamis, 18 Februari 2016 - 23:45:44


Ilustrasi UN
Ilustrasi UN /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Anggaran Ujian Nasional untuk Kota Jambi tahun 2016 ini belum selesai dibahas. Hal ini disampaikan oleh Mulyadi, Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Jambi.

Mulyadi mengatakan penganggaran untuk UN  tersebut sedang dirapatkan oleh kementrian dan dinas pendidikan seluruh Indonesia. "Belum masuk Daftar Pengisian Anggaran (DPA)," katanya.

Sementara itu untuk pelaksanaan UN tahun ini, Mulyadi menerangkan, ada 11 SMA dan sederajat yang mengikuti UN dengan sistem Computer Based Test (CBT).

Sekolah tersebut diantaranya adalah SMAN 1, SMAN 3, SMAN 6, SMAN 9 dan SMA Unggul Sakti.

Selain itu untuk SMK yakni SMK PGRI 2, SMK Unggul Sakti, SMK AT-Taufik, SMK DB 4, SMK Karang Berahi dan SMK Harapan Bangsa.

"Kalau semua sudah CBT kita tentu tidak repot degan isu-isu kunci jawaban dan penjagaan soal," jelasnya.

Peserta ujian nasional Kota Jambi untuk tingkat SMA dan sederajat tahun 2016 ini lebih sedikit dari tahun lalu.

Mulyadi menambahkan, tahun ini ada sebanyak 10.614 peserta didik. Sedangkan pada tahun 2015 jumlah peserta didik yang mengikuti ujian nasional sampai 10.975. Karena jumlahnya fluktuatif. "Disetiap sekolah untuk  jumlah siswanya kadang meningkat kadang menurun," kata Mulyadi.

Mulyadi menyebutkan ada 71 sekolah yang menyelenggarakan UN. Jumlah tersebut mencakup 41 SMA sebanyak 4.848 siswa, 4.204 siswa dari 30 SMK, 772 siswa dari 14 madrasah aliyah dan 790 siswa dari 14 paket C. Dan kita juga sudah menggelar rapat dengan pihak sekolah, dan meginformasikan kepada guru-guru untuk menambah porsi belajar.

"Dan mengajarkan kisi-kisi UN," katanya.

Dia menjelaskan, untuk pelaksanaan ujian nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal  4 April itu pihak sekolah telah melakukan berbagai tahapan, diantaranya telah membagikan nomor ujian bagi peserta.

Mulyadi juga mengatakan untuk konsep ujian mereka punya Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang mendiskusikan, hingga mengevaluasi konsep-konsep soal dari kisi-kisi UN.

Reporter: Chandra
Editor: Gustav