Gempa Padang tak Pengaruhi Aktifitas Gunung Kerinci

Jumat, 03 Juni 2016 - 01:22:22


/

RADARJAMBI.CO.ID, KERINCI- Aktifitas Gunung Kerinci masih menunjukan seperti biasanya, tidak berpengaruh atas terjadinya gempa bumi di Pesisir Selatan, Sumatera Barat dan wilayah lainnya. Meskipun semburan asap hitam dan suara gemuruh, masih sering terlihat dan didengar warga setempat.

Kades Gunung Labu, Kecamatan Gunung Tujuh, Supriatno, dikonfirmasi harian ini mengatakan beberapa hari terakhir, Gunung Kerinci memang sempat mengeluarkan asap.

Namun aktifitas itu masih seperti biasanya, dan tidak membuat warga panik ataupun urung berakifitas. Ia mengatakan warga Desa Gunung Labu yang biasanya ke ladang tetap menjalankan aktifitas.

"Warga masih beraktifitas seperti biasanya. berladang ke kebun, kami sudah biasa dengan aktifitas Gunung Kerinci itu," ungkapnya, kemarin (2/6).

Sedangkan Dudung, pegawai TNKS merangkap anggota pemantau Gunung Kerinci mengatakan pada pukul 10.00 WIB kemarin sempat terjadi asap tebal pekat sari kawah Gunung Kerinci ke arah utara. Tapi tidak ada hubunganya dengan gempa bumi.

"Suara gemuruh setelah gempa tidak ada hubungan dengan gempa. Karena aktifitas gunung berapi masih seperti biasa,"bebernya.

Hal yang sama juga disampaikan Operator Pusat Pengendalian Bencana BPBD Kerinci, Ansari menyebutkan, belum ada dampaknya gempa bumi dengan aktifitas Gunung Kerinci. Pasalnya, saat ini status Gunung Kerinci masih waspada level II, dan tidak ada peningkatan.

"Statusnya masih tetap waspada, belum berdampak terhadap gempa yang terjadi di Kabupaten Kerinci pada Kamis pagi tadi,"sebutnya.

Reporter: Soni Mariadi
Editor: Gustav