Selama Ramadhan Sekolah Libur Total

Rabu, 01 Juni 2016 - 20:47:54


/

RADARJAMBI.CO.ID, SAROLANGUN- Proses belajar dan mengajar pada semua jenjang pendidikan pada Sekolah Dasar (SD), Sekolah. Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat diliburkan sepanjang bulan suci Ramadhan 1437 H. Libur sekolah tersebut, dikarenakan pelajar SD, SMP dan SMA sederajat pasca melaksanakan ujian kenaikan kelas dan usai pengambilan rapor.

Keterangan ini diakui Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Sarolangun, H Lukman kemarin Kamis (1/6). Menurutnya, libur panjang sekolah akan dimulai sejak bulan Juni 2016 hingga paska lebaran nanti.

“Libur panjang sekolah tahun 2016 ini berbeda dengan libur panjang dengan tahun yang telah sudah. Namun, hal ini disesuaikan dengan jadwal libur pendidikan yang ditentukan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi,”kata Lukman.

Kendati, proses belajar dan mengajar di sepanjang Ramadhan 1436 H diliburkan, kata H Lukman, proses penerimaan siswa baru bukanlah mejadi halangan, sebaliknya  akan tetap dilaksanakan.

“Yang diliburkan hanya proses belajar dan mengajar, tapi pihak yang bertugas sebagai penerimaan siswa baru di sekolah tetap akan menjalankan tugasnya sebagai penerima pendaftaran siswa baru,”sebutnya.

Ditambahkan, Kadis Pendidikan, dengan diliburkan proses belajar dan mengajar selama Ramadhan, maka diharapkan siswa untuk bisa memanfaatkan momentum ini untuk memantapkan diri dengan cara fokus menjalakan ibadah puasa, dan sembahyang tarawih secara berjamaah.

Selain itu, siswa juga diminta agar tidak menghindari kegiatan bermalas-malasan membaca buku di rumah.

“Jangan sampai jadwal libur sekolah ini, hanya berlalu yang tiada berarti bagi siswa, tapi siswa harus tetap memanfaatkan momentum libur sekolah dengan kegiatan yang bermanfaat dikeluarga,”tutupnya.

Reporter: Charles Rangkuti
Editor: Gustav