546 CJH Diberikan Suntikan Vaksin Menginitis

Selasa, 19 Juli 2016 - 22:45:41


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Walikota Jambi, H Syarif Fasha mengecek langsung proses pemberian vaksin menginitis kepada calon jamaah haji (CJH) kemarin. Ada sebanyak 546 calon jamaah haji mengikuti pemeriksaan kesehatan yang digelar oleh Dinas Kesehatan kota Jambi kemarin.

Pantauan saat dilapangan, tes kesehatan bagi calon jamaah haji berjalan lancar. Sebagian besar calon jamaah haji yang lanjut usia pun tetap bersemangat mengikuti pemeriksaan. Dimulai dari pendaftaran, pemeriksaan kesehatan secara umum seperti cek tekanan darah dan detak nadi, dilanjutkan dengan pengecekan laboratorium. Lalu dilanjutkan dengan penyuntikan vaksin menginitis, pemeriksaan KKP (kantor kesehatan pelabuhan) dan terakhir konsultasi obat. 

Fasha mengatakan, tanggal 19 Juli ini adalah jadwal pemeriksaan bagi jamaah haji Kota Jambi yang dibagi dalam 4 hari ke depan dan dimulai pada hari ini.

"Dalam satu hari akan diperiksa kesehatannya sebanyak 200 orang calon jamaah haji, dimulai dari pemeriksaan tensi darah, pemeriksaan kesehatan lainnya, dan diberikan suntikan juga, yaitu suntikan menginitis serta suntikan anti flu selama jemaah haji kita beribadah ditanah suci,"kata Fasha.

Fasha juga mengecek satu persatu proses pemeriksaan kesehatan. Bahkan Walikota Jambi juga mengecek keaslian vaksin yang akan di suntikkan kepada calon jamaah haji. 

"Ini vaksinnya kita pastikan asli. Jangan sampai palsu seperti yang kasus yang saat ini sedang terjadi,"ujarnya.

Fasha juga menambahkan, tujuan pemberian vaksin terhadap jamaah haji Kota Jambi adalah karena memang di tanah suci nanti, itukan ada dan kenapa perlu diberikan suntikan menginitis karena panasnya cuaca disana, serta banyak juga calon-calon jamaah haji yang memang itu berasal dari Afrika dan lain sebagainya dan itu juga untuk melindungi kesehatan jamaah haji kita.

"Musuh yang paling utama di tanah suci itu adalah flu, makanya kita juga memberikan suntukan vaksin anti flu kepada calon jamaah haji kita, dan kenapa seluruh jamaah paling cepat terkena flu selama disana dikarenakan daya tahan tubuh kita selama di sana itu ngedroop, untuk mengatasi itu diperkuat dengan suntukan anti influenza ini,"tambahnya.

Fasha juga menyarankan kepada calon jamaah haji asal kota Jambi untuk mengkonsumsi nanti apakah boleh suntikan vitamin C atau mulai memakan vitamin C, fungsinya adalah untuk daya tahan tubuh para jamaah selama menjalankan ibadah di tanah suci.

"Dalam pemeriksaan ini juga akan kita lihat tentang penyakit para calon jamaah haji kita, apakah calon jamaah haji ada mengidap suatu penyakit dan penyakit itu memerlukan perawatan yang intensif mungkin kira akan memberikan rekomendasi untuk tidak boleh ikut,"ujarnya.

Sementara itu, dr Ida Yuliarti, Kadis Kesehatan Kota Jambi mengatakan, pemeriksaan dilakukan sejak kemarin hingga Sabtu secara bertahap. Ini karena jumlah calon jamaah haji yang tidak sedikit, sehingga dilakukan secara bertahap setiap hari. 

"Satu hari sekita dua ratusan jamaah yang periksa kesehatan,"katanya.

Menurut Ida, Kementerian Kesehatan Arab Saudi mewajibkan seluruh jamaah haji untuk mendapatkan vaksin menginitis yang merupakan salah satu upaya perlindungan kesehatan bagi jamaah Haji. 

"Untuk itu kita berikan vaksin meningitis hingga pengecekan kesehatan lainnya,"ujarnya.

Dijelaskannya bahwa jika saat pemeriksaan kesehatan, ternyata ada calon jamaah haji yang mengidap menyakit tertentu, maka akan dilakukan pengobatan dan pembinaan agar saat berangkat, calon jamaah sudah dalam kondisi sehat.

Ida juga menambahkan bahwa vaksin yang disuntikkan adalah asli. Ini karena vaksin yang disuntikkan pada saat ini, bahkan dari tahun sebelumnya adalah vaksin meningitis meningokokus yang didapat dari kementerian kesehatan RI melalui Dinas kesehatan Provinsi Jambi. 

"Jadi kita berharap agar calon jamaah tidak ragu untuk melakukan suntik vaksin disini,"ujarnya.

Reporter: Chandra
Editor: Gustav